RINA KUSUMA DEWI, 12209193100 (2024) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR LUAR SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX SMPN NEGERI 1 SRENGAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Bimbingan Belajar Luar Sekolah Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IX SMPN Negeri 1 Srengat” disusun oleh Rina Kusuma Dewi, NIM.12209193100, pembimbing Anggoro Putranto,S.Pd., M.Sc. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pada dasarnya kemampuan berfikir setiap siswa itu berbeda-beda, ada siswa yang pandai dan cepat menangkap pengetahuan ada pula siswa yang biasa biasa saja dan ada siswa yang kurang dalam memahami pengetahuan yang di berikan oleh guru. Dari perbedaan kemapuan tersebut maka diadakannya bimbingan belajar di luar sekolah baik dari lembaga maupun nonlembaga. Dengan adanya bimbingan belajar diharapkan motivasi belajar siswa dapat meningkat sehingga hasil belajarya ikut meningkat. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pengaruh bimbingan luar sekolah terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IX SMP Negri 1 Srengat ? (2) Bagaimana pengaruh bimbingan luar sekolah terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas IX SMP Negri 1 Srengat? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar IPS siswa yang mengukuti bimbingan luar sekolah siswa kelas IX SMP Negri 1 Srengat. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian yakni seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Srengat sebanyak 348 siswa. Sampel yang di gunakan yakni 63 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengukur keduanya menggunakan uni instrumen validitas dan rehabilitas, uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Srengat mulai tanggal 23 oktober sampai 24 November adalah sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar luar sekolah terhadap motivasi belajar. Hal ini di buktikan dengan hasil uji T-test nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan0.000 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar luar sekolah terhadap hasil belajar. Hal ini di buktikan dengan hasil uji T- test nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan0.000 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193100 RINA KUSUMA DEWI |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 06:11 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 06:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43900 |
Actions (login required)
View Item |