KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MADRASAH ALIYAH AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

FARAH IZDIHAR ARIENDIO PUTRO, 12207193004 (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MADRASAH ALIYAH AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (841kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Farah Izdihar Ariendio Putro, NIM. 12207193004, Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MA Al Ma’arif Tulungagung”. Dosen Pembimbing Muhammad Zainul Arifin, M. Pd. I., NIDN. 2006098301 Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru Kepala madrasah berperan penting dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Hal yang mengenai kondisi kedisiplinan guru yang ada di MA Al Ma’arif Tulungagung memiliki hal yang berbeda karena memiliki perjalanan yang baik, dari yang belum menjadi disiplin. Hingga saat ini kedisiplinan yang dimiliki oleh guru di madrasah tersebut mampu menjadikan beberapa guru berprestasi dan memberikan dampak terhadap kedisiplinan siswa dan memberikan prestasi yang luar biasa. Berangkat dari uraian di atas maka, menjadi tema sekaligus judul penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MA Al Ma’arif Tulungangung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru MA Al Ma’arif Tulungagung, (2) Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan komitmen kedisiplinan terhadap guru MA Al Ma’arif Tulungagung, (3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru MA Al Ma’arif Tulungagung. Kajian dan pembahasan skripsi bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru MA Al Ma’arif Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan komitmen terhadap kedisiplinan guru MA Al Ma’arif Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru MA Al Ma’arif Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi partisipan. Teknik analisis data menggunakan pola interaktif dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala MA Al Ma’arif Tulungagung dalam meningkatkan kedisiplinan guru yaitu (1) kepala madrasah memberikan contoh keteladanan dan meberi motivasi yang tinggi agar para guru semangat dalam menjalankan tugasnya. Kepala madrasah memberikan pembinaan untuk guru. (2) kepala madrasah membuat dan mensosialisasikan tata tertib guru, kepala madrasah memberikan contoh kedisiplinan kepada guru, kepala madrasah melakukan pengawasan kedisiplinan dan kinerja terhadap guru, kepala membuat progam untuk menunjang kedisplinan guru, kepala madarsah memberikan motivasi, reward dan memberikan ketegasan kepada guru untuk lebih meningkatkan kedisiplinan.(3) komunikasi antara kepala madrasah dengan guru sangatlah baik. Adanya peningkatan kedisiplinan, kepala madrasah melakukan evaluasi secara terjadwal, evaluasi dilihat dari kehadiran guru jika guru tidak hadir tepat waktu maka secara tidak langsung kepmad mengevaluasi guru saat itu juga, evaluasi dilakukan setiap satu bulan sekali dan diakhir tahun ada penilaian Kinerja Guru (PKG).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Pembelajaran
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193004 FARAH IZDIHAR ARIENDIO PUTRO
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:23
Last Modified: 28 Feb 2024 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43906

Actions (login required)

View Item View Item