PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP DAYA TARIK SISWA PADA PELAJARAN IPA DI SDI BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG

REYHAN EDITYA FERNANDA, 12205183232 (2024) PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP DAYA TARIK SISWA PADA PELAJARAN IPA DI SDI BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Daya Tarik Siswa Pada Pelajaran IPA Di SDI Bayanul Azhar Tulungagung,” yang ditulis oleh Reyhan Editya Fernanda, NIM. 12205183232, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci : Media Video Pembelajaran, Daya Tarik Siswa, Pelajaran IPA Latar belakang dalam penelitian ini diawali saat peneliti melakukan observasi pendahuluan di kelas V SD Islam Bayanul Azhar Tulungagung, guru saat proses pembelajaran pelajaran IPA menggunakan metode ceramah serta adanya penggunaan media berbasis video yang ditayangkan dalam proyektor. Adapun dengan cara pembelajaran seperti itu kelas menjadi kondusif dan siswa lebih memperhatikan apa yang telah disampaikan guru baik dari ceramahnya atau pada video pembelajaran. Hal ini membuktikan secara hipotesis bahwa adanya pengaruh dari penggunaan media video pembelajaran sebagai alat dalam menyampaikan materi pelajaran IPA. Tujuan dalam penelitian ini untuk 1) Menjelaskan pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap daya tarik siswa pada pelajaran IPA kelas 5 di SDI Bayanul Azhar Tulungagung. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap daya tarik siswa pada pelajaran IPA kelas 5 di SDI Bayanul Azhar Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari 40 item pertanyaan. Sedangkan, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan model summary untuk mengetahu seberapa besar pengaruh Variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian dalam penelitian ini meliputi 1) Ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap daya tarik siswa pada pelajaran IPA kelas V di SDI Bayanul Azhar Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan Nilai F hitung = 16,918 dengan tingkat Sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel daya tarik siswa atau dengan kata lain adanya pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap daya tarik siswa pada pelajaran IPA kelas 5 di SDI Bayanul Azhar Tulungagung. 2) Besar nilai pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap daya tarik siswa ditunjukkan dengan nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,555. Adapun dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,308 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 30,8 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183232 REYHAN EDITYA FERNANDA
Date Deposited: 29 Feb 2024 04:00
Last Modified: 29 Feb 2024 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43916

Actions (login required)

View Item View Item