MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KHARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MAN 2 TULUNGAGUNG

BINGKI MEI ANDRIA, 2811123063 (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KHARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Manajemen Pembelajaran Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Akhlakul Kharimah pada Peserta Didik di MAN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Bingki Mei Andria, NIM. 2811123063, di bimbing oleh Dra. Hj. Retno Indayati, M.Si Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Akhlakul Kharimah, MAN 2 Tulungagung Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingya bertingkah laku Akhlakul Kharimah bagi anak Remaja. Karena akhlakul kharimah bisa dibuat pondasi untuk membedakan manusia yang baik dan yang buruk. Di dalam sebuah proses pembelajaran tidak ada suatu straegi yang dianggap paling baik diantara strategi yang lain. Seperti mata pelajaran Akhidah Akhlak yang sedikit banyak tentang tingkah laku , sehingga merupakan materi yang sangat penting untuk menjadi pegangan bagi siswa dimasa mendatang dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk itu dibutuhkan strategi yang cocok dalam menanamkan akhlakul kharimah, strategi yang dirasa tepat digunakan di MAN2 Tulungagung dalam pelajaran Akhidah Akhlak adalah strategi bermain peran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan Akhlakul Kharimah pada Peserta Didik di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana Pelaksanaan Guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan Akhlakul Kharimah pada Peserta Didik di MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana Evaluasi Guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan Akhlakul Kharimah pada Peserta Didik di MAN 2 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Perencanaan Guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan Akhlakul Kharimah pada Peserta Didik di MAN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan Akhlakul Kharimah pada Peserta Didik di MAN 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui Evaluasi Guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan Akhlakul Kharimah pada Peserta Didik di MAN 2 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis setelah dilakukannya pengkajian dan penelitian, penulis dapat menambah pengalaman dan pengetahuan serta wawasan dalam menanamkan Akhlakul Kharimah khususnya dengan strategi bermain peran, untuk diterapkan di seluruh kelas X bagi para guru Madrasah Aliyah 2 Tulunggagung, Sebagai rujukan pendidik dalam mengelola mata pelajaran akhidah akhlak khususnya dalam menanamkan akhlaku kahrimah. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif induktif, yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan observasi maupun wawancara, ketekunan pengamat, triangulasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan seorang Guru tentunya sangat berpengaruh besar dalam kegiatan dan keberhasilan dalam menjalankan diantaranya: Mempersiapkan materi pembelajaran, merumuskan tujuan yang hendak dicapai, materinya itu tentang pengertian akidah itu apa, akhlak yang baik dan buruk atau mahmudah dan madzmumah apa, dan kisah teladan Nabi dan lain-lain.Keterampilan seorang Guru sangatlah dibutuhkan dalam mendukung pembelajaran terutama dalam penyusunan antara media, alat peraga dan metode pembelajaran dengan materi yang diajarkan. Guru harus sadar dengan tujuan pembelajaran yang akan direncanakan dan dilakukan, karena kesadaran seorang Guru dalam tujuan pembelajaran akan mendorong semangat Guru dalam merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaannya langkah-langkanya sebagai berikut: . a) Guru menunjuk 4 siswa untuk maju ke depan kelas untuk mempraktekan drama dan keterkaitan di dunia nyata disertai penjelasan singkat dari Guru, sedangkan teman yang lain mengamatinya. b) Guru memberikan pertanyaan terkait dengan Akhlakul kharimah. c) Guru memberikan kesempatan kepada siwa lain untuk berkomentar d) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan memberikan kesimpulan terkait materi yang diajarkan hari ini. Evaluasinya evaluasi penilaian terhadap siswa menunjukan bahwa dengan adanya strategi bermain peran siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampikan oleh guru, siswa akan terampil memprktekan dalam kehidupan sehari-hari. Dan untuk pelaksanaan penelaian otentik, guru menggunakan, a) tes buatan guru, b) penialain sikap, c) tugas individu, d) tugas kelompok dan portofolio.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123063 BINGKI MEI ANDRIA
Date Deposited: 16 Feb 2017 06:02
Last Modified: 16 Feb 2017 06:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4392

Actions (login required)

View Item View Item