MUHAMMAD HABIBUR RAHMAN, 12201193034 (2024) PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs MA’ARIF NU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (718kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Youtube Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs Ma’arif NU Blitar” ditulis oleh Muhammad Habibur Rahman, NIM 12201193034, dengan pembimbing Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Penggunaan, Media Youtube, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin pesat dengan datangnya teknologi yang semakin canggih. Perkembangan teknologi banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Oleh karena itu, para pendidik memanfaatkan teknologi tersebut dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga diharapkan guru memiliki kreativitas dalam upaya menumbuhkan minat siswa pada proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan langkah-langkah penggunaan video dari Youtube untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ma’arif NU Blitar. (2) Mendeskripsikan respon siswa di MTs Ma’arif NU Blitar mengenai penggunaan video dari Youtube sebagai media pembelajaran. (3) Menjelaskan hasil penggunaan video dari Youtube sebagai media pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ma’arif NU Blitar untuk meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian berdasarkan tempat yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan trianggulasi data. Lokasi penelitian berada di MTs Ma’arif NU Blitar. Subyek penelitian ada pada peserta didik kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Guru membuat video pembelajaran sesuai dengan materi yang ada di buku. Selanjutnya guru mengupload video pembelajaran ke Youtube. Video yang ditampilkan biasanya berupa drama singkat, animasi, dan adegan berupa penyampaian materi yang seru, estetik, dan menarik. Setelah itu guru menayangkan video pembelajaran tersebut di Smart TV. (2) Respon siswa secara umum merespon dengan semangat dan antusias. Pembelajaran juga tidak monoton/membosankan, sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Siswa tidak gampang mengantuk di kelas karena ada metode pembelajaran yang baru. (3) Hasil penggunaan video dari Youtube adalah sangat mempermudah guru dalam menyampaikan materi sesuai dengan perkembangan zaman. Meningkatkan motivasi belajar siswa. Materi pembelajaran menjadi mudah diakses dan dipahami sebagai alternatif sumber belajar yang lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193034 MUHAMMAD HABIBUR RAHMAN |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 01:22 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 01:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43938 |
Actions (login required)
View Item |