LUTHFIA NUR HASANAH, 12201193126 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SHOLAT FARDHU PADA SISWA KELAS VII DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (387kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (525kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Sholat Fardhu pada Siswa Kelas VII Di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Luthfia Nur Hasanah, NIM. 12201193126, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata kunci: Peran Guru, Kesadaran, Sholat Fardhu. Peran guru dalam Pendidikan Agama Islam bukan hanya memberikan pengetahuan mengenai Islam saja, melainkan harus membentuk pribadi peserta didik untuk menjadi sosok manusia yang religius, taat pada perintah Allah Swt, dan mempunyai akhlak yang mulia. Untuk membangun hubungan antara manusia dengan pencipta-Nya, secara sadar manusia harus melaksanakan ibadah wajib bagi setiap umat Islam yakni dengan sholat fardhu. Peserta didik harus meningkatkan kesadarannya mengenai sholat fardhu karena dalam agama Islam sholat fardhu merupakan tiang agama. Tujuan adanya penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran sholat fardhu pada siswa kelas VII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan yang dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan kesadaran sholat fardhu pada siswa kelas VII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan solusi guru PAI dalam meningkatkan kesadaran sholat fardhu pada siswa kelas VII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif serta menggunakan jenis penelitian deskriptif, penelitian berlokasi di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung dengan cara: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan: (1) Perpanjangan keikutsertaan, (2) Ketekunan pengamat, (3) Triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi waktu). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran sholat fardhu meliputi persiapan guru dalam menyiapkan materi, guru membimbing, mengarahkan dan mengawasi siswa untuk melaksanakan sholat berjamaah, guru memberikan tauladan yang baik pada siswa, guru mampu menumbuhkan kesadaran pada siswa dan guru sebagai motivator bagi siswa. (2) Hambatan yang dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan kesadaran sholat fardhu adalah datangnya faktor dari lingkungan keluarga dan lingkup pertemanan atau pergaulan siswa. (3) Solusi guru PAI dalam meningkatkan kesadaran sholat fardhu pada siswa meliputi guru membuat buku panduan sholat bagi siswa, lebih menekankan hafalan bacaan sholat, ujian praktek sholat setelah pelaksanaan PTS (penilaian tengah semester), mengganti hukuman dengan setoran hafalan bacaan sholat, mengontrol siswa dan memberi nasehat pada siswa dan kerjasama antara guru dengan wali murid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193126 LUTHFIA NUR HASANAH |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 01:41 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43944 |
Actions (login required)
View Item |