PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, SUPERVISI AKADEMIK, DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTSN SE-KABUPATEN KEDIRI

JEKLIN AMALIATU ZAKIA, 12850121018 (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, SUPERVISI AKADEMIK, DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MTSN SE-KABUPATEN KEDIRI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah, Supervisi Akademik, dan semangat Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTsN se-Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Jeklin Amaliatu Zakia dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Supervisi Akademik, Semangat Guru, dan Kinerja Guru. Peneliti ini dilatar belakangi oleh Problematika mendasar yang terjadi sehubungan kinerja guru adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Supervisi akademik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan dua faktor yang diasumsikan dapat mempengaruhi kinerja guru. Belum idealnya pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah diasumsikan mempengaruhi baik buruknya kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri. Rumusan masalah dan penulisan tesis ini adalah: (1). Seberapa baik kondisi gaya kepemimpinan kepala madrasah, supervisi akademik, dan semangat kerja terhadap kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri? (2). Apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap supervisi akademik di MTsN se-Kabupaten Kediri? (3). Apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap semangat kerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri? (4). Apakah ada pengaruh supervisi akademik terhadap semangat kerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri? (5). Apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri? (6). Apakah ada pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri? (7). Apakah ada pengaruh semangat kerja terhadap kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri? (8). Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap semangat kerja melalui supervisi akademik di MTsN se-Kabupaten Kediri? (9). Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui supervisi akademik di MTsN se-Kabupaten Kediri? (10). Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui semangat kerja di MTsN se-Kabupaten Kediri? (11). Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui semangat kerja di MTsN se-Kabupaten Kediri? Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk menjelaskan seberapa baik kondisi gaya kepemimpinan kepala madrasah, supervisi akademik, dan semangat kerja terhadap kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri. (2). Untuk menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap supervisi akademik di MTsN se-Kabupaten Kediri. (3). Untuk menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap semangat kerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri. (4). Untuk menjelaskan pengaruh supervisi akademik terhadap semangat kerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri. (5). Untuk menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri. (6). Untuk menjelaskan pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri. (7). Untuk menjelaskan pengaruh semangat kerja terhadap kinerja guru di MTsN se-Kabupaten Kediri. (8).Untuk menjelaskan pengaruh secara tidak langsung antara gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap semangat kerja melalui supervisi akademik di MTsN se-Kabupaten Kediri. (9).Untuk menjelaskan pengaruh secara tidak langsung antara gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui supervisi akademik di MTsN se-Kabupaten Kediri. (10). Untuk menjelaskan pengaruh secara tidak langsung antara gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui semangat kerja di MTsN se-Kabupaten Kediri. (11). Untuk menjelaskan pengaruh secara tidak langsung antara supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui semangat kerja di MTsN se-Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi MTsN se-Kabupaten Kediri yang berjumlah 648 guru. Dengan teknik sampling diperoleh sampel 87. Variabel bebasnya adalah gaya kepemimpinan kepala madrasah, supervisi akademik, dan semangat guru. Variabel terikat kinerja guru. Sumber data: responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data angket. Teknik analisi data: uji variabel realibilitas, normative, linier, dan analisis jalur dengan bantuan SPSS for 16.0. Hasil penelitian: (1). Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala thitung sebesar 8.159 > ttabel 1,987 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (2). Terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap seamangat kerja yang ditunjukkan oleh thitung sebesar 8.282 > ttabel (1,987) dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (3). Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap semangat kerja yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 8.652 > ttabel 1,987 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (4). Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 8,180 > ttabel 1,987 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (5). Terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 8.157 > ttabel 1,987 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (6). Terdapat pengaruh yang signifikan semangat kerja terhadap kinerja guru yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 10,122 > ttabel 1,987 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 55%. (7). Terdapat pengaruh secara tidak langsung kompetensi gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap semangat kerja melalui supervisi akademik yang ditunjukkan oleh hasil pengaruh total lebih besar dari pengaruh langsung, yaitu ρx3.x1-x2 = 1,127 > nilai ρx3x1 0,648. (8). Terdapat pengaruh secara tidak langsung gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui supervisi akademik yang ditunjukkan oleh hasil pengaruh total lebih besar dari pengaruh langsung, yaitu ρy.x1-x2 = 1,104 > nilai ρyx1 0,664. (9). Terdapat pengaruh secara tidak langsung gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui semangat kerja yang ditunjukkan oleh hasil pengaruh total lebih besar dari pengaruh langsung, yaitu ρy.x1-x3 = 1,169 > nilai ρyx1 0,664. (10). Terdapat pengaruh secara tidak langsung supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui semangat kerja yang ditunjukkan oleh hasil pengaruh total lebih besar dari pengaruh langsung, yaitu ρy.x2-x3 = 1,157 > nilai ρyx2 0,664.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121018 JEKLIN AMALIATU ZAKIA
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:38
Last Modified: 01 Mar 2024 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43946

Actions (login required)

View Item View Item