STRATEGI PENGGUNAAN SOCIAL COMMERCE (WHATSAPP) PADA PRIMA MEDIA PHOTOCOPY & PRINT CENTRE DI DESA PLOSOKANDANG KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PENINGKATAN LAYANAN KONSUMEN

LUTFI AULIA FUJI RAHAYU, 12405193088 (2024) STRATEGI PENGGUNAAN SOCIAL COMMERCE (WHATSAPP) PADA PRIMA MEDIA PHOTOCOPY & PRINT CENTRE DI DESA PLOSOKANDANG KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM PENINGKATAN LAYANAN KONSUMEN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Penggunaan Social Commerce (WhatsApp) pada Prima Media Photocopy & Print Centre di Ds. Plosokandang Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung dalam Peningkatan Layanan Konsumen” yang ditulis oleh Lutfi Aulia Fuji Rahayu, NIM. 12405193088, jurusan Manajemen Bisnis Syariah, dibimbing oleh Dr. Moh. Rois Abin, M. Pd. I. Konteks penelitian ini ialah pada fenomena populernya sosial media di masa kini hingga penggunaannya untuk kegiatan bisnis yang disebut dengan social commerce. WhatsApp sebagai salah satu dari social commerce, saat ini telah marak dimanfaatkan sebagai media untuk menjalankan usaha. Prima Media sebagai salah satu usaha yang menggunakan WhatsApp, mengoperasikan beberapa fitur yang tersedia pada WhatsApp untuk melakukan pelayanan konsumen secara digital. Fokus penelitian dalam penelitian ini, diantaranya: (1) Bagaimana penggunaan fitur WhatsApp Chats oleh Prima Media dalam melayani konsumen? (2) Bagaimana penggunaan fitur WhatsApp Status oleh Prima Media dalam melayani konsumen? (3) Bagaimana evaluasi peningkatan layanan konsumen melalui penggunaan WhatsApp oleh Prima Media? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis/model penelitian deskriptif, dengan teknik/metode pengumpulan data diantaranya: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan pada analisis data adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) Penggunaan fitur WhatsApp Chats pada Prima Media dalam penerapan layanan konsumen secara digital untuk melakukan komunikasi yang terfokus pada memberikan respon kepada konsumen secara cepat, sopan dan tetap ramah. (2) Penggunaan fitur WhatsApp Status pada Prima Media dalam penerapan layanan konsumen secara digital ialah sebagai media memperkenalkan produk barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen dalam bentuk konten promosi. (3) Evaluasi peningkatan layanan konsumen melalui penggunaan WhatsApp menunjukkan bahwa dari segi penyelesaian pesanan hingga kecepatan dan tanggung jawab serta kerahasiaan dokumen telah dapat dipenuhi dengan baik akan tetapi masih ada beberapa celah atau kekurangan pada pemberian layanan yang dapat diperbaiki misalnya di keramahan. Kata Kunci: Perdagangan sosial, WhatsApp Chats, Status, layanan konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Manajemen Syariah
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193088 LUTFI AULIA FUJI RAHAYU
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:16
Last Modified: 14 Mar 2024 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43955

Actions (login required)

View Item View Item