ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI MTS DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX)

SELA NURVIASANTI ZAKIYATUL UMMAH, 12211193049 (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI MTS DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Cahaya dan Alat Optik Di MTs Darul Hikmah Tulungagung Dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Resonse Index) “. Ini ditulis oleh Sela Nurviasanti Zakiyatul Ummah, NIM 12211193049, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan,M.Si Kata Kunci: CRI, Miskonsepsi, Cahaya dan Alat Optik Miskonsepsi yang dialami siswa bisa menghambat proses penerimaan konsep baru. Sumber kesalahan konsep yang dialami siswa adalah karena kesalahpahaman awal, tetapi mereka masih percaya bahwa itu benar dan terus berlanjut. Identifikasi miskonsepsi pada materi cahaya dan alat optik perlu dilakukan agar siswa tidak mengalami miskonsepsi yang tinggi dan guru bisa memperbaiki metode mengajar. Penelitian ini bertujuan(1) Untuk mengetahui miskonsepsi pada pembelajaran materi alat optik di MTs Darul Hikmah Tulungagung, (2) Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan miskonsepsi pada materi alat optik di MTs Darul Hikmah Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan CRI (Certainty Of Resonse Index). Data dalam penelitian ini adalah hasil dari jawaban dari angket dan wawancara yang telah diberikan kepada siswa (sampel). Populasi penelitian ini adalah 76 siswa yakni kelas VIII A dan VIII B MTs Darul Hikmah Tulungagung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Miskonsepsi pada materi cahaya dan alat optik yaitu 79,0%. Di mana miskonsepsi tertinggi terdapat pada sub cahaya dengan presentase rata-rata yaitu 50,7 % dan mata dan cacat mata dengan persentase rata-rata yaitu 40,1%. Kriteria miskonsepsi sedang yaitu terdapat pada sub konsep cermin dan lensa yaitu dengan rata-rata 37,8% dan miskonsepsi terendah terdapat pada sub konsep alat optik yaitu 32,9%. Berdasarkan hasil tersebut menujukkan bahwa miskonsepsi pada materi cahaya dan alat optik di MTs Darul Hikmah menujukkan sebagian sub konsep siswa miskonsepsi dan sebagian sub konsep siswa mengalami miskonsepsi. Faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa miskonsepsi yaitu dari siswa kurang minatnya dalam pembelajaran, metode yang digunakan guru adalah metode ceramah, kurangnya fasilitas disekolah, sumber belajarnya buku teks, dari metode mengajar yang perlu divariasikan dan fasilitas di sekolah perlu pengoptimalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Optik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193049 SELA NURVIASANTI ZAKIYATUL UMMAH
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:53
Last Modified: 05 Mar 2024 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43964

Actions (login required)

View Item View Item