PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG 2022/2023

RETNO WURYANINGRUM, 12204193213 (2024) PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 1 Bandung Tulungagung 2022/2023” ditulis oleh Retno Wuryaningrum, NIM. 12204193213, pembimbing: Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Mind Mapping, Motivasi Belajar Pembelajaran matematika di sekolah seringkali dianggap membosankan oleh siswa. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode konvensional dalam mengajar, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Saat ini telah berkembang berbagai metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan yaitu metode cooperative learning tipe jigsaw yang dapat dikolaborasikan dengan media mind mapping. Dengan menggunakan metode pembelajaran ini, dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berperan aktif serta berinteraksi dengan siswa lainnya dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menentukan apakah benar ada pengaruh metode cooperative learning tipe jigsaw dengan berbantuan media mind mapping terhadap motivasi belajar siswa atau tidak. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode cooperative learning tipe jigsaw dengan berbantuan media mind mapping terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 204 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu X AK 1 yang berjumlah 30 siswa dan X AK 2 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulam data menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan uji Independent t-test dan effect size menggunakan rumus Cohen’s. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Ada pengaruh cooperative learning tipe jigsaw dengan berbantuan media mind mapping terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai Sig. (2-tiled)= 0,030< alpha = 0,05 (2) Pengaruh metode cooperative learning tipe jigsaw dengan berbantuan media mind mapping terhadap motivasi belajar siswa memiliki nilai Effect Size (d) sebesar 1,08 dengan klasifikasi 0,8 kurang dari sama dengan d kurang dari sama dengan 2,0 yang tergolong berpengaruh besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193213 RETNO WURYANINGRUM
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:20
Last Modified: 05 Mar 2024 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43968

Actions (login required)

View Item View Item