ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK MELINGKAR SISWA KELAS X MIPA MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

RISKI AMIRUDIN, 12211183032 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK MELINGKAR SISWA KELAS X MIPA MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Riski Amirudin, NIM. 12211183032. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Melingkar Siswa Kelas X MIPA MA Ma’arif Udanawu Blitar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Berpikir kritis, Gerak melingkar Pendidikan merupakan usaha kegiatan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan memiliki beberapa cabang materi dalam pembelajaran salah satunya mata pelajaran fisika. Fisika merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis deduktif dengan menggunakan berbagai peristiwa alam dan penyelesaian masalah. Namun banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran fisika merupakan salah satu pelajaran yang rumit dan penuh dengan rumus-rumus, siswa mengalami kesulitan dalam memberikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh guru dan kemampuan berpikir kritis siswa kurang berkembang. Berdasarkan fokus penelitian maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak melingkar kelas X MIPA MA Ma’arif Udanawu Blitar dan untuk mendeskripsikan persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak melingkar kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk menggali faktafakta yang ada dilapangan dengan cara peneliti mengamati secara langsung. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas X MIPA MA Ma’arif Udanawu Blitar. Intrumen penelitian ini berupa soal tes dan wawancara. Intrumen ini berguna untuk menggali informasi mengenai kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak melingkar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan tinggi mampu dalam menafsirkan grafik gerak melingkar, menganalisis besaran gerak melingkar, mengoreksi pernyataan, menentukan hipotesis dan membuktikan hipotesis, dan siswa mampu menjelaskan konsep yang berkaitan dengan gerak melingkar. (2) Siswa dengan kemampuan sedang cukup mampu dalam menafsirkan grafik gerak melingkar, menganalisis besaran gerak melingkar, mengoreksi pernyataan, menentukan hipotesis dan membuktikan hipotesis, dan siswa mampu menjelaskan konsep yang berkaitan dengan gerak melingkar. (3) Siswa dengan kemampuan rendah kurang mampu dalam menafsirkan grafik gerak melingkar, menganalisis besaran gerak melingkar, mengoreksi pernyataan, menentukan hipotesis dan membuktikan hipotesis, dan siswa mampu menjelaskan konsep yang berkaitan dengan gerak melingkar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183032 RISKI AMIRUDIN
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:54
Last Modified: 05 Mar 2024 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43984

Actions (login required)

View Item View Item