PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII DI SMPN 2 DONGKO TRENGGALEK

YULIKA PUTRI LESTARI, 12208193078 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII DI SMPN 2 DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII Di SMPN 2 Dongko Trenggalek”. Ini ditulis oleh Yulika Putri Lestari, NIM. 12208193078. Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Iqbal Filayani, S. Si., M. Si Kata kunci : Media Internet, Minat, Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dipadukan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang maju pada generasi saat ini, menjadikan pendidikan tidak terbatas antara ruang dan waktu. Selain itu, pada penelitian terdahulu peneliti mengkaji bahwa penggunaan media berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Melalui persoalan ini peneliti ingin menggali lebih dalam akan teknologi dalam pendidikan secara khusus pada media internet yang digunakan sebagai media pembelajaran di SMPN 2 Dongko Trenggalek. Kegiatan pembelajaran ini dapat memberi jawaban antara terpengaruhnya siswa dengan media internet yang digunakan secara maksimal serta minat belajarnya dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media internet terhadap minat belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII di SMPN 2 Dongko Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam mengenai penggunaan media internet dalam pembelajaran IPA. Kuesioner digunakan peneliti untuk mencari pengaruh penggunaan media internet (intensitas, kemanfaatan dan efektifitas) serta pengaruh sikap siswa dalam minat belajar materi ekologi dan keanekaragaman hayati (perasaan senang, perhatian dalam pelajaran, ketertarikan, dan keterlibatan). Dengan dianalisis menggunakan uji instrument (validitas) dan uji prasyarat (normalitas, linieritas, regresi linier sederhana, korelasi dan koefisien determinasi). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan media internet tidak berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji analisis regresi sederhana menunjukkan Y = 52,390 + 0,325X artinya dari persamaan tersebut penggunaan media internet tidak terlalu mempengaruhi minat belajar siswa. Signifikasi pengaruh penggunaan media internet dengan minat belajar siswa juga diperkuat oleh koefisien determinasi menunjukkan besar penggunaan media internet terhadap minat belajar siswa hanya 6,1% sedangkan 93,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193078 YULIKA PUTRI LESTARI
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:16
Last Modified: 06 Mar 2024 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44004

Actions (login required)

View Item View Item