STRATEGI GURU FIQH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 5 TULUNGAGUNG

ELSA FENDI PRASETYO, 17201163404 (2024) STRATEGI GURU FIQH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (615kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqh dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Elsa Fendi Prasetyo, NIM: 17201163404, Pembimbing Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata kunci : Strategi Guru, Prestasi Belajar. Peneliti ini dilatarbelakangi oleh strategi guru Fiqh yang digunakan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Adanya beberapa sebab yang mengakibatkan turunnya prestasi belajar khusunya dalam pembelajaran Fiqh sehingga perlu dikaji secara khusus untuk mencari solusinya. Untuk itu perlu dikaji strategi pembelajaran yang tepat yang bisa menarik perhatian peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan strategi pembelajaran yang dapat membuat proses pembelajaran Fiqh lebih efektif dan efisien, sehingga prestasi belajar peserta didik dapat meningkat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru fiqh dalam menggunakan metode, sumber, dan media dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru fiqh dalam menggunakan metode, sumber, dan media dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru fiqih dalam menggunakan metode, sumber, dan media dalam meningkatkan prestasi belajar pesertadidik di MTsN 5 Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Untuk metode pengumpulan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk menggali informasi tentang Strategi Guru Fiqh dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTsN 5 Tulungagung, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang profil sekolah, struktur organisasi, kegiatan pembelajaran dan sarana dan prasarana sekolah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Strategi guru Fiqh dalam merencanakan proses belajar mengajar seperti, mempersiapkan silabus dan RPP sebagai langkah awal untuk mengetahui arah dari pembelajaran yang akan disampaikan, membuat skenario atau rencana pembelajaran. Guru Fiqh mempersiapkan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik baik dari segikonsep dan penguasaan materi, menentukan strategi (metode, media, sumber belajar) dan dukungan dari pihak sekolah mengadakan workshop, pelatihan, diklat-diklat yang dilaksanakan setahun seakali sebelum tahun pelajaran dimulai. (2) Guru Fiqh dalam pelaksaan pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi, di antaranya seperti metode ceramah, diskusi, hafalan, tanya jawab, pemecahan masalah, dan literasi. Guru fiqh dalam pengggunaan media pembelajaran menggunakan LCD dan proyektor. Akan tetapi guru Fiqh tidak hanya mengandalkan media yang berasal dari sekolah, melainkan juga dari guru tersebut yang mampu membuat media tersendiri. Sumber belajar yang digunakan Guru Fiqh dari LKS, internet, buku paket, Al-Qur’an dan buku-buku pendukung lainnya yang ada di perpus. Pembelajaran tidak cuma dilakukan di dalam kelas saja, misalnya bisa juga di masjid, perpustakaan, dan lingkungan sekolah dan bisa juga di luar sekolah. (3) Guru Fiqh mengadakan evaluasi terhadap metode, media dan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran perlu dievaluasi, karena apakah ini sesuai atau tidak, kalau seperti ini situasi yang seperti ini, maka harus perbaiki dan kembangkan lagi. Guru melakukan evaluasi setiap harinya, setiap minggunya, setiap tengah semesternya, setiap semesternya dan juga setiap tahunnya. Guru Fiqh melalukan evaluasi dengan cara pre test maupun post test, dilakukan oleh guru sendiri. Sebelum pelajaran dimulai peserta didik diberikan kuis dan begitu juga setelah selesai pelajaran ada beberapa soal yang ditanyakan kepada peserta didik, untuk memberikan stimulasi kepada peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163404 ELSA FENDI PRASETYO
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:39
Last Modified: 18 Mar 2024 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44007

Actions (login required)

View Item View Item