IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN (Study Multisitus di SDIT Darul Falah Ponorogo dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Ponorogo)

RIKHI RIFALDI, 12850521025 (2024) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN (Study Multisitus di SDIT Darul Falah Ponorogo dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Ponorogo). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Program Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Study Multisitus di SDIT Darul Falah Ponorogo dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Ponorogo)” ini ditulis oleh Rikhi Rifaldi dengan Pembimbing Dr. Zaini Fasya, S.Ag., M.Pd.I dan Dr. Luk luk Nur Mufida, M.Ag. Kata Kunci : Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membaca Al-Qur’an dengan fasih (lancar) dan benar sesuai dengan kaidah yaitu ilu tajwid, tempat keluarnya huruf dan gharib (bacaan asing dalam Al-Qur’an) dan kebutuhan sistem bermutu bagi anak usia lulus SD atau MI agar bisa membaca Al-Qur’an secara tartil. Sebagaimana program pembelaaran yang lain, bahwa dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an juga membutuhkan pengembangan baik dari segi konten maupun konteksnya. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penuisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana Pendekatan pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan menggunakan metode Ummi di SDIT Darul Falah dan SD Muhammadiyah Ponorogo?, (2) Bagaimana Strategi pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan menggunakan metode Ummi di SDIT Darul Falah dan SD Muhammadiyah Ponorogo?, (3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan menggunakan metode Ummi di SDIT Darul Falah dan SD Muhammadiyah Ponorogo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis data situs tunggal dan lintas situs dengan teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) pendekatan pembelajaran yang digunakan di kedua sekolah adalah pendekatan berbasis sistem, (2) Strategi pembeajaran yang digunakan di kedua sekolah adalah strategi langsung, strategi diuang-ulang dan strategi kasih sayang, (3) Evaluasi yag di laksanakan di kedua sekolah adalah setiap evaluasi akhir pembelajaran yang dilakukan oleh guru pengampu, ujian kenaikan jilid yang diuji oleh koordinator dilembaga dan ujian Munaqosah yang diuji oleh Ummi pusat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521025 RIKHI RIFALDI
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:14
Last Modified: 08 Mar 2024 00:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44010

Actions (login required)

View Item View Item