PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-WAHHAB DESA SUNGELEBAK KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN

KHOFIFATUR ROHMAH, 12206193028 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-WAHHAB DESA SUNGELEBAK KECAMATAN KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-wahhab Desa Sungelebak. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf pada peserta didik. Pendidik kurang mengengembangkan media pembelajaran yang ada sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan dan kurang diminati peserta didik. Kartu pintar adalah salah satu media atau alat pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Kartu pintar juga dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik agar tetap produktif selama proses pembelajaran. Kemampuan mengenal huruf merupakan hal penting bagi anak usia dini. Mengenalkan huruf kepada anak sejak usia dini akan menjadikan mereka lebih mudah dalam proses membaca, melatih anak untuk mengenal huruf dan mengucapkannya mesti harus berulang-ulang karena bagi anak mengenal huruf bukanlah hal yang mudah salah satu penyebabnya adalah karena banyak huruf yang bentuknya mirip tetapi bacaannya berbeda, seperti D dan B, M dan W, P dan q. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang lebih menarik untuk memperrmudah mengenal huruf. Media kartu pintar adalah salah satu model pembelajaran dimana peserta didik akan diajak mengenal huruf sambil bermain sehingga anak tidak mudah bosan selama proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh media kartu pintar terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usi 4-5 tahun di TK Alwahhab Sungelebak (2) Seberapa besar pengaruh media kartu pintar terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usi 4-5 tahun di TK Al-wahhab Sungelebak. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu pintar terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprpbability sampling. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar (pretest dan post-test) dan lembar observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Al-wahhab Sungelebak Lamongan sebagai sampel penelitian. sedangkan metode dokumentasi untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan serta dokumentasi sekolah. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) seberapa besar pengaruh antara media kartu pintar dalam kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun di TK Alwahhab Sungelebak Lamongan. Hal ini dapat dilihat dari uji N-Gain score untuk perhitungan efektivitas media kartu pintar di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata untu kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 60% termasuk dalam kategori cukup efektif. (2) ada pengaruh yang signifikan antara media kartu pintar dan kemampuan mengenal huruf peserta didik usia 4-5 tahun di TK Al-wahhab Sungelebak Lamongan. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000,< 0,05. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan antara media kartu pintar dan kemampuan mengenal huruf , sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193028 KHOFIFATUR ROHMAH
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:27
Last Modified: 15 Mar 2024 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44015

Actions (login required)

View Item View Item