PENGARUH KEGIATAN LITERASI DASAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V(LIMA) DI MI FASTABIQUL KHOIROT PLUS KEDIRI

YOLANDRA AJENG FRANSISKA, 12205193005 (2024) PENGARUH KEGIATAN LITERASI DASAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V(LIMA) DI MI FASTABIQUL KHOIROT PLUS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V (Lima) di MI Fastabiqul Khoirot Plus Kediri” ini ditulis oleh Yolandra Ajeng Fransiska, NIM 12205193005. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci: Kegiatan literasi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak- anak pada usia dasar yang kurang memahami akan literasi di sekolah saat Covid-19. Setelah Covid 19 mereda saat pembelajaran luring terlihat para siswa kurang memahami tentang apa yang mereka baca salah satunya saat pembelajaran Bahasa Indonesia, dan kurangnya penumbuhan motivasi belajar sehingga hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia kurang baik. Dengan ini peneliti menghubungkan kegiatan literasi dasar dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Fastabiqul Khoirot Plus Kediri. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi adalah 1. Apakah kegiatan literasi dasar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI Fastabiqul Khoirot Plus Kediri? 2. Apakah kegiatan literasi dasar berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di MI Fastabiqul Khoirot Plus Kediri? 3. Bagaimana Pengaruh kegiatan literasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa kelas Vdi MI Fastabiqul Khoirot Plus Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan One Group pretest-posttest design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V di MI Fastabiqul Khoirot Plus. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu 14 siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan uji prasyarat hipotesis (uji normalitas) dan uji hipotesis (uji MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa kegiatan literasi berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar dengan hasil uji t-test pretest-posttest diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 dengan kriteria < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2. Berdasarkan Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa kegiatan literasi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar dengan hasil uji t-test pretest-posttest diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 dengan kriteria < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa kegiatan literasi berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan hasil uji MANOVA yang diperoleh nilai signifikan 0,010 dengan kriteria < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193005 YOLANDRA AJENG FRANSISKA
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:41
Last Modified: 08 Mar 2024 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44027

Actions (login required)

View Item View Item