PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 TULUNGAGUNG

ARISTA AYU DAMAYANTI, 12204193098 (2023) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (517kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Tulungagung” ditulis oleh Arista Ayu Damayanti, NIM. 12204193098, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Mathematics Anxiety, Hasil Belajar Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua variabel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut disebabkan oleh persepsi siswa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit yang dibuktikan oleh beberapa penelitian sebelumnya. Persepsi tersebut mengakibatkan siswa merasa terpaksa dalam pembelajaran matematika. Keterpaksaan dalam pembelajaran matematika dapat memicu kecemasan matematika pada siswa yang ditandai dengan rasa cemas, takut dan gugup saat pembelajaran matematika akan dimulai. Gejala-gejala yang muncul akibat kecemasan matematika tersebut dapat menyebabkan hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung, (2) untuk mengetahui besar besar pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-10 sebanyak 38 siswa. Data penelitian ini diambil dari hasil skor angket kecemasan matematika (mathematics anxiety) dan skor hasil belajar matematika, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) besarnya pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung yaitu 74,3% dan 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193098 ARISTA AYU DAMAYANTI
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:55
Last Modified: 08 Mar 2024 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44035

Actions (login required)

View Item View Item