Rosyida Ayu Aprilia, 2814123135 (2016) MENINGKATKAN PEMAHAMAN HIMPUNAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-I SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Bagian Awal.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (405kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Meningkatkan Pemahaman Himpunan melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan dengan Pendekatan Open Ended pada Peserta Didik Kelas VII-I SMPN 3 Kedungawaru Tulungagung” ini ditulis oleh Rosyida Ayu Aprilia, NIM. 2814123135, Jurusan Tadris Matematika (TMT) , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Teknik Bertukar Pasangan, Pemahaman, Pendekatan Open Ended. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kegiatan pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang kreatif atau terkesan monoton berakibat pada peserta didik yang kurang aktif selama proses pembelajaran. Mata pelajaran Matematika selalu diberikan melalui metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Pemahaman konsep peserta didik pun sangat kurang. Hal ini tampak pada hasil belajar mereka yang kurang dari KKM. Menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan pembelajaran yang tepat dan juga efektif. Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan dengan Pendekatan Open Ended ini sebagai salah satu pembelajaran yang dalat menjadikan proses pembelajaran dilakukan dengan kerja sama yang menyenangkan dikarenakan peserta didik terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran tersebut. Tidak hanya itu saja, dengan soal-soal yang menggunakan pendekatan open ended mendorong siswa untuk lebih kreatif dengan jawabannya, sehingga diharapkan dengan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan pemahaman siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dengan pendekatan open ended dapat meningkatkan pemahaman himpunan pada peserta didik kelas VII-I SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? (2) Apakah pembelajaran kooperatif dengan pendekatan open ended dapat meningkatkan pemahaman himpunan pada peserta didik kelas VII-I SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dengan pendekatan open endeddalam meningkatkan pemahaman himpunan pada peserta didik kelas VII-I SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman himpunan melalui pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dengan pendekatan open ended pada peserta didik kelas VII-I SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya mata pelajaran matematika pada pokok materi himpunan, serta dapat memberikan nilai tambah dalam meningkatkan kualitas sekolah. Bagi guru SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung berguna dalam rangka mewujudkan pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan, serta sumber referensi bagi guru dalam rangka membimbing siswa dalam mempelajari matematika sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Bagi peneliti lain berguna untuk menambah pengetahuan dan pengalaman bagi peneliti serta sebagai acuan dalam mempersiapkan diri sebagai tenaga pendidik yang Professional. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak 2 (dua) kali siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-I SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung pada mata pelajaran matematika materi operasi himpunan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan cacatan lapangan. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasan peserta didik terhadap materi mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, yaitu dengan nilai 75. Langkah-langkah penerapannya adalah peneliti menyampaikan materi pembelajaran, menentukan tingkat perkembangan siswa dengan melihat nilai hasil belajar sebelumnya, meminta siswa berpasangan dengan siswa yang sudah ditentukan sesuai dengan kemampuannya, memberikan tugas dan dikerjakan secara berpasangan, bertukar pasangan dengan siswa yang lain dan melanjutkan diskusinya, mendorong siswa untuk belajar dan bekerja secara mandiri dengan pasangannya dalam menyelesaikan soal yang diberikan, memberikan bantuan, memberikan pengarahan kepada siswa yang berkemampuan tinggi untuk mau membantu siswa lain yang memiliki kemampuan rendah, menyimpulkan pembelajaran serta pemberian tugas-tugas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik yang dilihat dari hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 75,139 atau 55,56% dan pada siklus II nilai rata-ratanya 83,611 atau 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebutlah maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dengan pendekatan open ended dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII-I SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814123135 Rosyida Ayu Aprilia |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 02:53 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4408 |
Actions (login required)
View Item |