PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN BLITAR

CINDY NOVIA, 12201173413 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Cindy Novia, 12201173413, Efektivitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Nilai-Nilai Ajaran Islam di Lingkungan SMA Negeri 1 Sutojayan Blitar. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Nur Cholis,S.Pd.I.,M.Pd, NIDN.2005108401. Penelitian dengan judul saya ini adalah sebuah penelitian yang meneliti tentang bagaimana peran guru PAI dalam menerapkan nilai-nilai ajaran Islam yang dilakukan di SMAN 1 Sutojayan Blitar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti merupakan guru sebagai pengajar dan siswa yang dikenai ajaran. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi covid-19. Meski demikian peneliti tetap mendapatkan data yang diperoleh sesuai keinginan karena lembaga menerapkan sistem pembelajaran tatap muka 50% dan dilakukan dengan bergantian. Sehigga peneliti tetap menndapat data secara utuh. Fokus penelitian ini yakni meneliti tentang 1) Bagaimana efektivitas guru pendidikan agama islam sebagai teladan dalam penerapan nilai-nilai ajaran Islam di lingkungan SMA Negeri 1 sutojayan Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam penerapan nilai-nilai ajaran Islam di lingkungan SMA Negeri 1 Sutojayan? 3) Bagaimana evaluasi guru pendidikan agama Islam sebagai fasilitator dalam penerapan nilai-nilai ajaran Islam di lingkungan SMA Negeri 1 Sutojayan?. Dari penelitian ini ditemukan bahwa 1) Sebagai teladan guru tidak hanya menyuruh untuk melakukan hal-hal yang baik disini guru PAI harus mencontohkan hal baik terlebih dahulu ke peserta didik dan peserta didik akan menirukan nya. Guru pendidikan agama Islam bersentuhan atau berjabat tangan dengan murit-murit setelah itu berwudhu kembali guru PAI menjaga wudhunya itu salah satu contoh agar peserta didik ikut menjaga wudhu sebagaimana yangdicontohkan oleh guru PAI tersebut. 2) Guru sebagai pembimbing adalah membimbing, dan mengarahkan murid-muridnya untuk senantiasa mempelajari tentang nila-nilai ajaran Islam dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dan diterapkan dalam menjalani keidupan sehari-hari. 3) Peran guru sebagai fasilitator, telah terpenuhi dengan baik, yakni guru PAI di SMAN 1 Sutojayan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti waka sarpras untuk memberikan fasilitas yang sesuai dengan apa yang akan dikembangkan oleh guru kepada siswa contoh dalam penerapan nilai-nilai ajaran Islam maka, fasilitas yang dimiliki dan telah tersedia adalah Takmir, penyelenggaraan korban hari raya Idul Adha, pembelajaran praktek zakat. Dan untuk yang bersifat bangunan, maka sudah terdapat masjid dan gedung serbaguna yang didalamnya terdapat alat-alat musik islami yang bisa digunakan oleh siswa. Kata Kunci: Efektivias, Guru PAI, Nilai-nilai Ajaran Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173413 CINDY NOVIA
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:41
Last Modified: 25 Mar 2024 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44081

Actions (login required)

View Item View Item