ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

ASIFUNNIDA, 2817123020 (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Belajar Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Asifunnida, NIM. 2817123020, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Kesulitan Belajar, menulis karangan deskripsi Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam belajar menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia masih ditemukan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar menulis karangan. Bentuk kesulitan belajar menulis karangan deskripsi antara lain: kesulitan menempatkan huruf kapital sesuai dengan ejaan yang benar, kesulitan menggunakan tanda baca, kesulitan memilih kata yang tepat sehingga menjadi kalimat yang baik, kesulitan memahami perintah soal yang diberikan. Kesulitan itu terjadi karena ada banyak faktor yang memengaruhinya. Faktor itu ada yang dari dalam peserta didik dan ada faktor dari luar peserta didik. Dalam hal ini upaya pendidik untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik sangat diperlukan. Upaya tersebut salah satunya adalah mendalami materi tentang mengarang deskripsi. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa bentuk kesulitan belajar menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar? (2) Apakah penyebab kesulitan belajar menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar? (3) Apakah upaya pendidik untuk mengatasi kesulitan belajar menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan berbagai bentuk kesulitan belajar menulis karangan deskripsi yang terjadi di MI Darussalam Wonodadi Blitar (2) untuk mendeskripsikan penyebab kesulitan belajar menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia pesertaa didik kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar (3) untuk menjelaskan upaya pendidik mengatasi kesulitan belajar menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar Skripsi ini bermanfaat bagi guru untuk dijadikan salah satu referensi dalam melakukan perbaikan kasus kesulitan belajar dalam hal menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia. Bagi peserta didik berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis karangan deskripsi. Bagi perpustakaan IAIN Tulungagung bermanfaat untuk menambah literatur di bidang pendidikan sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan bagi mahasiswa lainnya. Bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan sehingga kendala yang dihadapi dapat diatasi. Bagi pembaca dapat digunakan sebagai informasi untuk referensi tentang cara menanggulangi kesulitan belajar menulis karangan deskripsi pelajaran bahasa Indonesia. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peserta didik yang mengalami kesulitan belajar menulis karangan deskripsi dan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang mengarang deskripsi. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui dokumen-dokumen terkait dengan nilai-nilai hasil tes bahasa Indonesia, wawancara digunakan untuk memperoleh informasi secara langsung dari pendidik maupun peserta didik. Observasi digunakan untuk memperoleh data melalui catatan segala tingkah laku yang dilakukan oleh subyek penelitian. Hasil penelitian ini telah ditemukan bahwa di MI Darussalam Wonodadi Blitar pembelajaran bahasa Indonesia menulis karangan deskripsi masih mengalami kesulitan. Bentuk kesulitan menulis karangan yang terjadi adalah kesulitan menempatkan huruf kapital, kesulitan memahami perintah soal yang diberikan, kesulitan menempatkan tanda baca. Kesulitan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor itu ada yang berasal dari dalam diri peserta didik dan ada yang dari luar peserta didik. Salah satu faktor dari dalam peserta didik adalah faktor kecerdasan. Faktor dari luar peserta didik salah satunnya adalah faktor guru dan metode mengajar yang kurang menarik. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, pendidik melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar: bagi peserta didik yang tulisannya belum tepat upaya yang dilakukan yaitu mendalami materi tentang penempatan huruf kapital. Bagi peserta didik yang karangannya belum tepat upaya yang dilakukan adalah mengarang menggunakan gambar. Bagi peserta didik yang sulit memahami perintah soal upaya yang dilakukan yaitu memberikan kesempatan yang lebih kepada peserta didik untuk menjelaskan informasi seperti petunjuk mengerjakan soal, memberikan contoh sekaligus menjelaskan langkah-lanhkah mengerjakan sampai anak paham.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123020 ASIFUNNIDA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:58
Last Modified: 30 Dec 2016 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item