HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR

SHYLVA NADHIRA ROZALINA, 12201193163 (2023) HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Shylva Nadhira Rozalina 12201193163, 2023. Skripsi dengan judul “Hubungan Motivasi dan Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Srengat Blitar”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag, NIP. 19730214200003 1 001. Kata Kunci : Motivasi, Kedisplinan, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi dan kedisiplinan merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar peserta didik. Setiap peserta didik memiliki karakter dan sifat yang berbeda – beda, begitu juga dengan motivasi dan disiplin belajar ketika berada di dalam maupun di luar kelas. Sementara itu dalam lembaga pendidikan tingkat pencapain hasil belajar dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Prestasi belajar yang harus dicapai salah satunya adalah mata pelajaran pendidikan agama islam. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah hubungan motivasi peserta didik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Srengat Blitar? (2) Adakah hubungan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Srengat Blitar? (3) Adakah hubungan motivasi dan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Srengat Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Srengat Blitar sebanyak 180. Jumlah sampel 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan nilai rapot. analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi dengan statistik uji product moment dan korelasi berganda. Skripsi ini bermanfaat bagi pihak sekolah sebagai sumbangan kajian yang dapat membatu mengembangkan sekolah dalam hal penelitian, kemudian bagi guru supaya lebih giat lagi dalam mendorong dan meningktakan motivasi dan kedisiplinan siswa, serta bagi siswa supaya lebih giat lagi dan tetap menjaga semangat dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan untuk rumusan masalah (1) Terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Srengat Blitar. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Srengat Blitar. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Srengat Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193163 SHYLVA NADHIRA ROZALINA
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:59
Last Modified: 14 Mar 2024 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44106

Actions (login required)

View Item View Item