ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA PENGADAAN TANAH PROYEK STRATEGIS NASIONAL (Studi Kasus Bendungan Bagong Kabupaten Trenggalek)

HERWAHYU LAMBANG SETYOAJI, 12103193154 (2024) ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA PENGADAAN TANAH PROYEK STRATEGIS NASIONAL (Studi Kasus Bendungan Bagong Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembangunan Proyek Strategis Nasional Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek yang tersendat terkait pembebasan lahan. Perkiraan pembangunan yang sudah ditetapkan di awal kemungkinan mengalami kemoloran dikarenakan pembebasan lahan yang tidak kunjung selesai.. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Proses Pengadaan Tanah Proyek Strategis Nasional Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek? 2) APa Hambatan Proses Pengadaan Tanah Proyek Strategis Nasional Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek? 3) Bagaimana Proses Penyelesaian Sengketa Proyek Strategis Nasional Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam mengerjakan penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris. Teknik pengumpulan data berupa observasi (pengamatan), wawancara. Data akan dianalisis dengan cara membandingkan data yang telah diperoleh diperoleh yaitu data primer di lapangan yang akan dibandingkan dengan data-data sekunder. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Proses pengadaan tanah yang terjadi pada Proyek Strategis Nasional pembangunan Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek semuanya sudah sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangungan untuk Kepentingan Umum. 2) Faktor yang menghambat pembangunan proyek Bendungan Bagong yaitu soal penetapan harga lahan yang menurut masyarakat terdampak tidak sesuai dikarenakan mereka juga harus merelakan tanah yang biasa digunakan sebagai mata pencaharian mereka dikarenakan sebagian tanah yang akan dibebaskan adalah area persawahan dan perkebunan. 3) Pihak yang terdampak proyek pembangungan Bendungan Bagong menempuh jalur litigasi guna menyelesaikan dan berharap mendapat keadilannya. Para pihak tersebut melayangkan permohonan ke Pengadilan Negeri Trenggalek guna menuntut kenaikan harga tanah. Permohonan mereka diterima oleh Penetapan Pengadilan Negeri Trenggalek Nomor 86/Pdt.P/2020/PN Trk dengan kenaikan harga tanah 80 persen dari harga awal. Namun penetapan tersebut dibatalkan oleh Mahkamah Agung setelah tim panitia pengadaan tanah sebagai pihak termohon mengajukan kasasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103193154 HERWAHYU LAMBANG SETYOAJI
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:15
Last Modified: 19 Mar 2024 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44115

Actions (login required)

View Item View Item