SCAFFOLDING KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN MATERI SEGITIGA KELAS VII MTs SATU ATAP HIDAYATUL MUBTADIIN SAWAHAN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016

DINI ROHMAWATI, 2814123064 (2016) SCAFFOLDING KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN MATERI SEGITIGA KELAS VII MTs SATU ATAP HIDAYATUL MUBTADIIN SAWAHAN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dini Rohmawati, 2814123064, 2016, “Scaffolding Kesulitan Siswa Menyelesaikan Materi Segitiga Kelas VII MTs Satu Atap Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Scaffolding, Kesulitan Siswa, Segitiga Scaffolding berarti upaya guru untuk membimbing siswa dalam upayanya mencapai keberhasilan. Dorongan guru sangat dibutuhkan agar pencapaian siswa ke jenjang yang lebih tinggi menjadi optimum. Data yang ditemukan di MTs Satu Atap Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar, bahwa guru mata pelajaran matematika masih menggunakan pembelajaran konvensional seperti ceramah dan pemberian tugas. Pemberian scaffolding (bimbingan) pada siswa oleh guru mata pelajaran hanya berupa pemberian contoh akan tetapi pemberian contoh tersebut juga masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas VII MTs Satu Atap Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar dalam memahami materi segitiga. 2) Untuk mendiskripsikan bentuk scaffolding yang diberikan pada siswa kelas VII MTs Satu Atap Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar pada materi segitiga. Pola penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTs Satu Atap Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar dengan 2 kali pertemuan dalam kelas. Materi yang disampaikan dalam penelitian ini adalah segitiga pokok bahasan jumlah sudut dalam dan sudut luar segitiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa (Subjek S1, S2, S3, S4) kelas VII MTs Satu Atap Hidayatul Mubtadiin Sawahan Blitar dalam menyelesaikan materi segitiga pokok bahasan jumlah sudut dalam dan sudut luar segitiga adalah penyelesaian persamaan linier satu variabel yang berkaitan dengan penjumlahan aljabar. Kesulitan yang lain yang dialami oleh subjek-subjek penelitian antara lain mengoperasikan bentuk pecahan, menerapkan metode susbstitusi, operasi perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Kesulitan yang dialami keempat sampel tersebut diberikan scaffolding (bimbingan) secara bertahap sesuai dengan hierarki Anghileri dan sesuai dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh subjek penelitian. Pemberian scaffolding (bimbingan) yang sesuai untuk keempat subjek penelitian dalam menyelesaikan materi segitiga pokok bahasan jumlah sudut dalam segitiga dan sudut luar segitiga adalah explaining (membantu siswa fokus pada soal dengan membacakan ulang soal dan memberikan penekanan pada kalimat yang memberikan informasi), berikutnya adalah reviewing (membantu siswa mengulas kembali jawaban dan meminta merefleksi jawaban sehingga siswa dapat menentukan letak kesalahan dan memintanya untuk memperbaiki pekerjaannya), restructuring (memfokuskan siswa menemukan kembali fakta yang ada pada masalah yang diberikan. Selanjutnya meminta siswa menyusun kembali jawaban yang lebih tepat) dan tahap terakhir scaffolding (bimbingan) yang diberikan adalah developing conceptual thinking (mengarahkan siswa pada pengembangan pemikiran konseptual dengan memberikan kesempatan untuk menyimpulkan hasil pekerjaan). Setelah pemberian scaffolding (bimbingan), maka siswa mampu menyelesaikan materi segitiga dengan baik dan benar sesuai dengan konsep dan prosedural.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S. Pd. I 2814123064 DINI ROHMAWATI
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:09
Last Modified: 30 Dec 2016 06:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4414

Actions (login required)

View Item View Item