PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

KHOIRUN NISA, 12201193242 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Khoirun Nisa, NIM. 12201193242 , Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung”, yang dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag., NIP.197608272005011005 Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kemerosotan moral, etika,dan sopan santun di berbagai kalangan, sehingga untuk menanggulangi hal tersebut perlu adanya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan karakter religius di era globalisasi ini. Perkembangan karakter menjadi tanggung jawab seorang guru. Peran Guru Pendidikan Agama Islam menjadi tujuan utama dalam mengembangkan karakter religius disekolah. Dengan menerapkan peran guru sebagai pendidik, teladan dan motivator maka akan dapat mengembangkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam mengembangkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan dalam mengembangkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam mengembangkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah, (1) Untuk Mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik untuk Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung, (2) Untuk Mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Teladan untuk Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung, (3) Untuk Mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator untuk Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut (1) Pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, (2) sumber data: data primer dan data sekunder, yang meliputi place, person, paper. 3) Teknik pengumpulan data yang digunaka adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, 4) teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk mengecek keabsahan data, digunakan empat kriteria yaitu, Kredibilitas (credibility), Keteralihan (transferability), Keterikatan (dependability), Kepastian (confinnability). Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik antara lain, pembiasaan yang diajarkan guru Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik dengan mengucapkan salam saat masuk dan keluar kelas, berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, membaca Al Qur’an secara bergantian sebelum memulai pembelajaran, melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dan menghafalkan surat – surat pendek. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai antara lain, menerapkan 5S (Senyum, Sapa,Salam Sopan, Santun), membiasakan untuk segera bergegas ketika tiba waktusholat serta membiasakan mengucapkan salam, membiasakan atau memberikan contoh kepada peserta didik keseharian dan kebiasaan yang biasa dilakukan oleh Rasulullah, seperti bagaimana cara berpaikan yang sesuai dengan syariat, bagaimana adab makan, adab dalam berbicara. (3) Peran guru Pedidikan Agama Islam sebagai motivator dapat menentukan semangat dan karakter peserta didik di sekolah antara lain, Dengan memotivasi peserta didik setiap harinya, memberikan dorongan untuk selalu bersemangat dalam menuntut ilmu, selalu memotivasi peserta didik untuk membaca Al - Qur’an setiap harinya, memotivasi peserta didik agar selalu melaksanakan sholat berjamaah setiap hari, mengadakan kegiatan memperingati hari besar islam agar peserta didik tidak melupakan perjuangan – perjuangan yang sudah dilakukan Rasulullah dan para sahabat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193242 KHOIRUN NISA'
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:06
Last Modified: 15 Mar 2024 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44152

Actions (login required)

View Item View Item