IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn DI SDIT AL ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

SITI LUTVIANA AL MU'IZ, 12205193164 (2024) IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn DI SDIT AL ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SDIT AL ASROR Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Lutviana Al Mu’iz, NIM. 12205193164, pembimbing Prof. Dr. Hj. Elvi Mu'awanah. S.Ag.M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Quantum Teaching, Motivasi Belajar Konteks Penelitian ini adalah masih banyaknya tujuan pembelajaran yang belum dicapai karena masih banyak siswa yang kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran PKn dikarenakan kurangnya kreativitas guru dalam memberikan materi kepada siswa, dengan adanya fenomena tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai implementasi metode quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar PKn di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan implementasi pembelajarana quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada ranah kognitif kelas di SDIT Al-Asror Ringinpitu, (2) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada ranah afektif kelas di SDIT Al- Asror Ringinpitu, (3) mendeskripsikan solusi hambatanimplementasi pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada ranah psikomotorik kelas di SDIT Al-Asror Ringinpitu, (4) mendeskripsikan motivasi siswa setelah melaksanakan metode quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar PKn di SDIT Al-Asror Ringinpitu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan implementasi metode quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar PKn di SDIT Al- Asror Ringinpitu yaitu guru mengajak siswa melakukan ice breaking sebelum pembelajaran dimuai agar siswa merasa semangat dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, (2) Faktor penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di SDIT Al-Asror Ringinpitu yaitu: Faktor penghambat Kesulitan dalam menghadapi perbedaan karakteristik peserta didik, perbedaan individu yang meliputi intelegensi, watak dan latar belakang, kesulitan dalam menyesuaikan materi pelajaran dengan berbagai metode, supaya peserta tidak cepat bosan, kesulitan dalam memperoleh sumber dan alat pembelajaran, kesulitan dalam mengadakan evaluasi dan pengaturan waktu. Faktor pendukung kesiapan mental guru dalam proses pembelajaran PKn, ketika guru sudah siap mental maka guru akan mampu mengondisikan dengan baik kelas dan tidak mengenyampingkan tugas sebagai seorang guru sehingga siswa lebih bisa lebih nyaman dalam mengikuti pembelajaran PKn. (3) Solusi dan hambatan implementasi metode quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar PKn di SDIT Al-Asror Ringinpitu yaitu: Setiap pendidik pasti mempunyai hambatan tersendiri diantaranya yaitu mereka tidak begitu fokus pada pembelajaran tengah berlangsung, mereka merasa bahwa hanya peserta didik yang mendapatkan pertanyaanlah yang harus menjawab pertanyaan, sedangkan yang lainya tidak begitu aktif sehingga tidak berusaha mencari jawaban dari pertanyaan yang saya berikan. (4) Motivasi siswa setlah melaskanan metode quantum teacing mata pelajarn PKn di SDIT Al-Asror Ringinpitu yaitu Kontribusi peserta didik setelah mengikuti kegiatan ini cukup baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193164 SITI LUTVIANA AL MU'IZ
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:24
Last Modified: 15 Mar 2024 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44154

Actions (login required)

View Item View Item