FARADINA NINGRUM, 12207193093 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA di MTs AL HUDA SUMOBITO JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
BAB I .pdf Download (307kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Swasta Al Huda Sumobito Jombang” ini ditulis oleh Faradina Ningrum dan dibimbing oleh Bapak Dr. H. Masduki, M.Ag Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang dinamis perkembangan dan pertumbuhannya tidak akan pernah terhenti sampai kapan pun, selama ada kehidupan manusia di muka bumi. Pendidikan memiliki makna seseorang yang tugasnya membimbing anak dalam pertumbuhannya dapat berdiri sendiri. Seiring berkembangnya waktu dan aturan yang menuntut untuk memberikan pendidikan karakter maka banyak lembaga yang menyisipkan program-program berbasis karakter. Kedisiplinan merupakan salah satu aspek karakter yang menjadi fokus pada penelitian ini. Sejalan dengan itu manajemen kesiswaan sangat diperlukan untuk mengelola kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan kedisiplinan. Dalam hal ini penulis mengambil penelitian di MTs Swasta Al Huda Sumobito Jombang yang memiliki kegiatan kedisiplinan yang berbasis umum dan keagamaan. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagiamana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa? 2) Bagiamana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa? 3) Bagiamana pengawasan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan Kegiatan dalam Meningkatkan Kedisiplinan di MTs Swasta Al Huda ; a) Perencanaan kegiatan kesiswaan dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran, b) Alur perencanaan program kegiatan kedisiplinan siswa, c) Perencanaan kegiatan kedisiplinan siswa dilakukan oleh kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, tim ketertiban dan BK dalam agenda rapat kerja, d) Program kegiatan kesiswaan yang dihasilkan meliputi ekstrakurikuler, tata tertib siswa dan tata tertib keagamaan, dan keputrian 2) Pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kedisiplinan di MTs Swasta Al Huda; a) Kegiatan kedisiplinan siswa di MTs Swasta Al Huda dilakukan sejak calon siswa akan masuk pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) calon siswa akan dites kedisiplinannya, b) Kegiatan kedisiplinan siswa dilakukan pada awal tahun pelajaran hingga akhir tahun pelajaran dan wajib dilaksanakan oleh seluruh siswa MTs Swasta Al Huda Sumobito Jombang c) Program kedisiplinan tidak hanya program umum namun juga dari program keagamaan, d) Program kedisiplinan siswa dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah. 3) Pengawasan Kegiatan dalam Meningkatkan Kedisiplinan di MTs Swasta Al Huda Sumobito; a) Pengawasan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan dilaksanakan setiap hari sepanjang tahun pelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193093 FARADINA NINGRUM |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 06:56 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44170 |
Actions (login required)
View Item |