EFEKTIVITAS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN CAREER PLANNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 2 BOYOLANGU

RIZKI SOYA INTANI, 126306201026 (2024) EFEKTIVITAS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN CAREER PLANNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 2 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Efektvitas Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Career Planning Peserta Didik Kelas X SMKN 2 Boyolangu” yang ditulis oleh RizkiSoya Intani, dengan NIM 126306201026. Program Studi Bimbingan Konseling Islam,Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam NegeriSayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Dosen Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Abstrak: Kurangnya pemahaman terkait dengan career planning akan memengaruhi proses pengambilan keputusan karir untuk masa depan serta adanya career planningsebagai cara untuk mempersiapkan dan membekali peserta didik agar siap dan matangmenghadapi berbagai tantangan mengenai karir di masa depan. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui tingkat pemahaman career planning peserta didik kelas X SMKN 2Boyolangu, untuk mengetahui efektivitas mind mapping terhadap pemahaman careerplanning serta untuk mengetahui efektivitas mind mapping untuk meningkatkanpemahaman career planning peserta didik kelas X SMKN 2 Boyolangu. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperiment menggunakan One Group Pretest posttest pada populasi 19 peserta didikkelas X Jurusan Kuliner 5 SMKN 2 Boyolangu, sedangkan dalam pengambilan sampeldata menggunakan teknik sampling jenuh dengan 19 peserta didik sebagai sampelpenelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, ujihomogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)tingkat pemahaman career planning bahwa terdapat 11 peserta didik kategori sangatrendah, 8 peserta didik kategori rendah, 10 peserta didik kategori tinggi dan 2 peseradidik kategori career planning sangat tinggi dan didapati hasil pre-test dan post-test rata-rata sebesar 51.53 < 58,74 yang berarti terdapat perubahan tingkat pemahaman career panning sebelum dan sesudah diberikan mind mapping 2) Berdasarkan hasil ujipaired samples test pada skor pre-test dan post-test pemahaman career planning yaitu nilai signifikasi (2- tailed) adalah 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima sertahasil thitung 4,078 > ttabel 2,100. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rataantara hasil nilai pre-test dan post-test dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruhpenggunaan mind mapping guna meningkatkan pemahaman career planning pesertadidik. 3) Hasil uji efektivitas bahwa nilai hitung uji N-Gain Score diketahui bahwamean N-Gain Score sebesar 57,33% yang berarti masuk dalam kategori cukup efektif.Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yaitu mind mapping dapat meningkatkan pemahaman career planning peserta didik kelas X SMKN 2 Boyolangu dengan kategori cukup efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201026 RIZKI SOYA INTANI
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:12
Last Modified: 18 Mar 2024 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44214

Actions (login required)

View Item View Item