MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR

ALFI ZAHROTUL JANAH, 12207193104 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (807kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 3 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Alfi Zahrotul Janah, NIM. 12207193104, Pembimbing Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Kesiswaan, Motivasi Belajar Manajemen sangat penting digunakan dalam mencapai tujuan pendidikan, salah satunya adalah manajemen kesiswaan. Manajemen kesiswaan sangat dibutuhkan di lembaga pendidikan karena peserta didik merupakan subjek sekaligus objek dalam proses transformasi ilmu dan ketrampilan. Manajemen kesiswaan dimulai dari masuknya peserta didik sampai keluarnya peserta didik dari suatu lembaga pendidikan. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga pendidikan yakni SMPN 3 Srengat Blitar sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menggali informasi pembinaan dan pengembangan manajemen kesiswaan di SMPN 3 Srengat Blitar dalam ekstrakurikuler, 2) menggali informasi usaha-usaha yang dilakukan dalam upaya meningkatkan pengelolaan kegiatan kesiswaan di SMPN 3 Srengat Blitar. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Srengat Blitar ? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Srengat Blitar? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Srengat Blitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Srengat Blitar dimulai dari awal pendaftaran peserta didik baru yang akan diterima, perencanaan pembelajaran seperti RPP, Silabus, program tahunan, program semester, menentukan KKM, Rencana Kegiatan Sekolah yang mengacu pada kalender akademik. 2) Pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Srengat Blitar disesuaikan dengan RKS yang telah dibuat, yang dilaksanakan didalam ataupun diluar kegiatan pembelajaran, dan dilaksanakan pembinaan sebelum mengikuti event-event, perlombaan, dan sebagainya. 3) Evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Srengat dilakukan dengan rapat untuk memusyawarahkan penilaian harian yang sudah dicatat, penilaian sikap, prestasi siswa, serta penilaian kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk mengambil kesimpulan untuk pembenahan di tahun ajaran berikutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193104 ALFI ZAHROTUL JANAH
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:27
Last Modified: 22 Mar 2024 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44218

Actions (login required)

View Item View Item