STRATEGI PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

MIFTAKHU ALI YAFIE, 12201173415 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Guru SKI, dan Minat Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat belajar peserta didik dalam SKI. Keberadaan minat bisa membuat orang melakukan kegiatan yang dia minati dengan baik dan senang hati. Begitu pula dalam kegiatan belajar, seseorang peserta didik belajar dengan tekun dan senang hati terhadap mata pelajaran yang dia minat. Sebaliknya, tanpa adanya minat dimiliki oleh seorang peserta didik maka akan jadi masalah kedepan karena gangguan atau kesulitan dalam memahami pelajaran. Untuk mencapai suatu tujuan pendidikan yang optimal, maka guru harus membangkitkan minat peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran, karena proses belajar akan lancar apabila ada minat dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut. Karena itu, guru membutuhkan strategi yang membuat minat belajar peserta didik bangkit saat proses pembelajaran dan membuat peserta didik tertarik dengan materi pembelajaran sejarah kebudayaan islam. Dalam pembelajaran SKI, guru sangat berperan penting untuk membuat peserta didik tidak bosan dengan pelajaran SKI. Guru harus berfikir kreatif dan inovatif agar peserta didik tertarik dalam pembelajaran SKI. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan strategi pembelajaran guru mata pelajaran SKI dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut? (2) Bagaimana Kendala strategi pembelajaran guru mata pelajaran SKI dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut? (3) Bagaimana Dampak strategi Guru mata Pelajaran SKI dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini studi kasus. Sumber data adalah Guru SKI, Peserta Didikdi MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan pemberian kesimpulan atau verivikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategi guru mata pelajaran ski dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yakni a) Perlu perencanaan dengan menyiapkan materi, strategi, perangkat pendukung, mennyiapkan silabus, KI, KD, indikator, melakukan b) Menyesuaikan dengan peserta didik dan kelas masing-masing dengan memperhatikan audiens, siswane, latar belakang siswa. c) Strategi ekspositori, inkuiri, SPI, bermain peran, kontekstual, dan strategi belajar tuntas. d) Metode ceramah, metode diskusi,tanya jawab, kerja kelompok, dan presentasi, e) Menggunakan guyonan di sela-sela proses pembelajaran, f) Berdoa, menyanyakan kabar anak, mengecek kelengkapan anak (absen), g) Menggunakan media gambar dan video dengan bantuan proyektor layar, pemutaran video tentang materi SKI, dan h) Menggunakan strategi kuis. (2) Kendala guru mata pelajaran ski dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yakni a) Minat atau motivasi belajar peserta didik serta karakter yang berbeda-beda, b) Siswa yang tidur pada saat proses belajar mengajar, c) Anak cepat merasa bosan dan capek mengikuti SKI, d) Perbedaan input dari madrasah pada dasarnya berbeda dari SD/MI, e) Kondisi kelas (peserta didik yang ramai sendiri, bergurau, gaduh saat proses pembelajaran), f) Kurangnya minat baca siswa terhadap mata pelajaran SKI, g) Faktor Psikologi (Kelelahan), h) Faktor Keluarga (Peserta didik menjadi tulang punggung keluarga/ekonomi), dan i) Faktor Sekolah (Anak kadang sulit memahami materi pelajaran SKI). (3) Dampak guru mata pelajaran ski dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yakni a) Peserta didik menjadi suka mata pelajaran SKI, tidak capek, dan tidak ada yang tidur atau ramai, b) Peserta didik lebih bebas mengeluarkan pendapat sesuai dengan pemikirannya, c) Peserta didik lebih mudah memahami materi mata pelajaran SKI, d) Peserta didik menjadi selalu ingin tahu tentang bagaimana sejarah kebudayaan islam, dan e) Peserta didik menjadi lebih semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar dan saya menjadi aktif dalam bertanya pada mapel SKI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12201173415 MIFTAKHU ALI YAFIE
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:22
Last Modified: 18 Mar 2024 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44220

Actions (login required)

View Item View Item