IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN HADITS PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS XII DI MAN 1 TULUNGAGUNG

NUZULUL LAILA, 12201193100 (2024) IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN HADITS PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS XII DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hafalan Hadits Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas XII di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nuzulul Laila, NIM 12201193100, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Mukhamad Sukur, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi Metode Bernyanyi, Meningkatkan Hafalan Hadits Salah satu sekolah di Tulungagung yaitu MAN 1 Tulungagung, terdapat seorang guru Al-Qur’an Hadits pada saat mengajar menggunakan metode yang menarik perhatian siswa. Hal tersebut menjadikan siswa menjadi penasaran dan memberikan perhatiannya kepada guru tersebut. Guru Al-Qur’an Hadits menggunakan metode bernyanyi dalam menyampaikan materinya, khususnya dalam menghafalkan Hadits. Peneliti menemukan keunikan dalam metode bernyanyi yang digunakan guru tersebut. Metode yang digunakan cukup sederhana namun sangat berperan besar dalam membantu para siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal Hadits. Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Hadits pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas XII di MAN 1 Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Hadits pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas XII di MAN 1 Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Hadits pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas XII di MAN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) Perencanaan metode bernyanyi yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadits yaitu memahami tujuan pembelajaran terlebih dahulu, memilih metode, menyusun RPP atau modul ajar, menjadikan redaksi Hadits ke dalam lirik sebuah lagu, menyiapkan media pembelajaran penunjang metode bernyanyi. 2) Pelaksanaan metode bernyanyi sesuai perencanaan yaitu memahami tujuan pembelajaran menjadikan guru terarah dalam mengajar, metode bernyanyi menjadikan siswa menghafal Hadits dengan cepat, RPP atau modul ajar yang telah dibuat menjadikan guru dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan efisien, menjadikan redaksi Hadits ke dalam lirik sebuah lagu dapat menghemat durasi waktu karena guru bisa langsung mendemonstrasikan Hadits dengan metode bernyanyi, media buku modul sudah cukup membantu siswa untuk membaca dan menyimak Hadits yang disampaikan guru. 3) Evaluasi metode bernyanyi menghasilkan tujuan pembelajaran dapat tercapai, siswa dapat menghafalkan banyak Hadits dengan metode bernyanyi, dengan RPP guru dapat memanajemen waktu dengan baik, lagu yang sudah familiar di kalangan siswa menjadikan siswa lebih mudah dan cepat menghafalkan Hadits, siswa dapat memanfaatkan media buku modul dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193100 NUZULUL LAILA
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:11
Last Modified: 18 Mar 2024 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44222

Actions (login required)

View Item View Item