KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG

NADYA MEYDIVA RIZKI INSYIRAH, 12204193240 (2024) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nadya Meydiva Rizki Insyirah, NIM 12204193240, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Aljabar, Disposisi Matematis Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa sebagian siswa di sekolah mengalami kesulitan ketika menemui soal pemecahan masalah. Sikap yang menunjukkan ketertarikan, kegigihan, percaya diri seseorang, dan cara pandang dalam memecahkan masalah matematika disebut disposisi matematis. Disposisi matematis dalam konteks pembelajaran yang diambil peneliti adalah disposisi matematis dalam memecahkan masalah. Dalam hal tersebut, diadakan penelitian yang menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aljabar ditinjau dari disposisi matematis. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aljabar yang memiliki disposisi matematis tinggi siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aljabar yang memiliki disposisi matematis sedang siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aljabar yang memiliki disposisi matematis rendah siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTsN 1 Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa terpilih yaitu 1 siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi, 1 siswa yang memiliki disposisi matematis sedang, dan 1 siswa yang memiliki disposisi matematis rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan/keajekan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan/pengecekan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan disposisi matematis tinggi mampu memenuhi seluruh indikator dalam pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. 2) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan disposisi matematis sedang mampu memenuhi tiga indikator dalam pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali 3) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan disposisi matematis rendah mampu memenuhi tiga indikator dalam pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12204193240 NADYA MEYDIVA RIZKI INSYIRAH
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:25
Last Modified: 18 Mar 2024 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44241

Actions (login required)

View Item View Item