LUCKY WIDYA CANTIKA, 12205193283 (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS IV MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (986kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Pada Kelas IV MIN 11 Blitar” ditulis oleh Lucky Widya Cantika, NIM. 12205193283, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci : Upaya Guru, Minat Belajar, Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang cenderung kurang berminat dan bahkan tidak tertarik pada mata pelajaran matematika. Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, menakutkan, dan membosankan bagi sebagian besar anak sekolah, meskipun tidak sedikit pula yang menyenangi pelajaran ini. Banyak faktor-faktor yang menyebabkan banyaknya kesulitan anak menghadapi pelajaran matematika, misalnya metode penyampaian yang tidak sesuai, tidak disesuaikan dengan kemampuan siswa, tidak adanya alat bantu untuk menjelaskan materi ajar seperti media ajar dan alat peraga, sehingga dalam pembelajaran anak tidak berminat terhadap pelajaran tersebut. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika ? (2) Bagaimana faktor- faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran tidak hanya terfokus pada pemberian pengetahuan yang teoritis, jadi dapat dikatakan materi dapat dikaitkan dengan berbagai materi yang berkaitan dengan kehidupan nyata. (2) Memberikan motivasi kepada siswa, guru menyampaikan materi pelajaran matematika terlebih dahulu dengan memberikan cerita yang inspiratif tentang orang yang sukses yang berguna karena senang belajar matematika. (3) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan minat memperkecil kebosanan dalam belajar peserta didik pada pembelajaran matematika, yakni dengan siswa merasa bosan, guru meberikan ice breaking untuk mencairkan suasana agar siswa dapat kembali fokus terhadap pembelajaran. A) Faktor Pendukung; (1) Menggunakan alat peraga. (2) Menarik perhatian siswa dalam belajar, B) Faktor Penghambat; Peserta didik yang mempunyai kemampuan lebih rendah dari yang lainnya. (2) Terbatasnya pengawasan dari. (3) Kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193283 LUCKY WIDYA CANTIKA |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 06:03 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 06:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44244 |
Actions (login required)
View Item |