MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KALIDAWIR

RIKA NUR WULANDARI, 12207193057 (2024) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (520kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPN 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Rika Nur Wulandari NIM 12207193057, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Tulungagung. Pembimbing: Mumammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Karakter Peserta Didik. Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting untuk membendung dampak negatif bagi peserta didik. Manajemen peserta didik memiliki peran besar dalam pembentukan karakter peserta didik. Namun dalam penerapannya tidak semua kegiatan pengelolaan manajemen peserta didik mampu memberikan perubahan karakter pada peserta didik, dibutuhkan pembiasaan yang dilakukan secara rutin dan memiliki nilai-nilai positif untuk mewujudkan keberhasilan dalam pembentukan karakter peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerimaan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Kalidawir (2) Bagaimana implementasi pembinaan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Kalidawir (3) Bagaimana evaluasi kegiatan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Kalidawir. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerimaan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Kalidawir. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi pembinaan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Kalidawir. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Dalam kegiatan perencanaan peserta didik baru, SMPN 1 Kalidawir telah melaksanakan pendaftaran peserta didik baru dengan mengikuti juknis dari Dinas Pendidikan. Yang mana langkah pertama dalam kegiatan ini adalah pembentukan panitia, - pendaftaran peserta didik dilaksanakan secara online. Pendaftaran peserta didik baru dilaksanakan melalui 4 jalur diantaranya yaitu jalur zonasi, prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua. (2) Implementasi pembinaan peserta didik di SMPN 1 Kalidawir dilakukan melalui pembinaan non akademik dan akademik. Pembinaan non akademik peserta didik dilakukan dengan penanaman nilai-nilai karakter. Sedangkan pembinaan akademik dilakukan dengan melakukan pembinaan di dalam kelas. (3) Pelaksanaan evaluasi kegiatan peserta didik dibagi menjadi dua yaitu evaluasi akademik dan evaluasi non akademik. Evaluasi akademik dilakukan dengan mengadakan tes atau ujian secara langsung terhadap peserta didik. Evaluasi non akademik dilakukan dengan melakukan penilaian karakter peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193057 RIKA NUR WULANDARI
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:06
Last Modified: 18 Mar 2024 06:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44252

Actions (login required)

View Item View Item