STRATEGI GURU UNTUK MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDI AL-GONTORY TULUNGAGUNG

NANDA TAMAMA SHINTA PRAMESTI, 12205193026 (2024) STRATEGI GURU UNTUK MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDI AL-GONTORY TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Untuk Menanmkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Di SDI Al-Gontory Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Nanda Tamama Shinta Pramesti, NIM 12205193026, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing Muyassaroh, S.s., M.Pd. Kata kunci: Strategi, Nilai Pendidikan Karakter Pendidikan karakter di Indonesia belum berhasil terlaksana dengan maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dalam lingkungan sekolah saat ini masih banyak ditemui permasalahan-permasalahannya. Contohnya, banyak siswa yang tidak jujur kepada Bapak/Ibu guru kepada teman ataupun orang tua, tidak disiplin sering terlambat datang ke sekolah dan lain sebagainya, tidak tanggung jawab. Apabila permasalahan tersebut tertanam sejak dini maka akan tumbuh generasi bangsa yang baik dan berkarakter. Dalam hal ini guru memiliki peran dan kedudukan yang tinggi terhadap pembentukan nilai pendidikan karakter anak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk nilai pendidikan karakter siswa di SDI Al-Gontory? (2) Bagaimana proses menanamkan nilai pendidikan karakter siswa di SDI Al-Gontory? (3) Bagaimana kendala dan solusi menanamkan nilai pendidikan karakter siswa di SDI Al-Gontory? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, (2) Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data, (3) Tempat penelitian adalah SDI Al-Gontory Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. (4) Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, (5) Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, (6) Pengececakan keabsahan data pada penelitian meliputi: credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk nilai pendidikan karakter siswa yang ada di SDI Al-Gontory adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, (2) Proses menanamkan nilai pendidikan karakter siswa yang ada di SDI Al-Gontory yaitu melakukan pembiasaan melalui kegiatan rutinitas sehari-hari, melakukan pendampingan saat siswa menanamkan nilai pendidikan karakter, kegiatan ekstrakulikuler, memilih strategi yang tepat, (3) kendala dalam penanaman pendidikan karakter adalah karakter siswa yang berbeda-beda, kurangnya peran orang tua, faktor lingkungan saat dirumah, dan kurangnya keistiqamaahan guru dalam mengingatkannya. Sedangkan solusinya yakni membangun komunikasi dengan orangtua, memberi motivasi siswa, dan melakukan evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193026 NANDA TAMAMA SHINTA PRAMESTI
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:33
Last Modified: 18 Mar 2024 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44268

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item