PENGARUH PENGGUNAAN METODE GASING (GAMPANG, ASYIK, MENYENANGKAN) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI NEGERI 5 TULUNGAGUNG

NURDIANA AGUSTIN, 12205193031 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GASING (GAMPANG, ASYIK, MENYENANGKAN) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Gasing (Gampang, Asyik, Menyenangkan) Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Negeri 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Nurdiana Agustin, NIM 12205193031, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jusuan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Satu Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci: Metode, Gasing, Minat, Hasil, Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat belajar siswa kerena sebagain besar siswa merasa boson dan kurang menyukai belajar tanpa diselingi sebuah permainan yang bisa mengembalikan minat dan semangt siswa yang akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh metode Gasing (gampang, asyik, menyenangkan) terhadap peningkatan minat belajar matematika siswa kelas V MI Negeri 5 Tulungagung ?, (2) Apakah terdapat pengaruh metode Gasing (gampang, asyik, menyenangkan) terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Negeri 5 Tulungagung ?, (3) Apakah terdapat pengaruh metode Gasing (gampang, asyik, menyenangkan) terhadap peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Negeri 5 Tulungagung ?. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental, dengan teknik sampling yang digunakan peneliti adalah Simple Random Sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Negeri 5 Tulungagung, sampel yang diambil adalah kelas V (A) dan kelas V (C) dengan jumlah siswa kelas V (A) sebanyak 22 siswa dan kelas V (C) sebanyak 21 siswa di MIN 5 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil pengaruh metode Gasing terhadap minat belajar diperoleh rata-rata nilai angket kelas eksperimen lebih besar dari nilai angket kelas kontrol yaitu 51,33 > 43,31 dan hasil Uji Manova angket minat belajar diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05 sehingga H o ditolak dan H i diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode Gasing terhadap minat belajar siswa MI Negeri 5 Tulungagung, (2) Hasil pengaruh metode Gasing terhadap peningkatan hasil belajar diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih besar dari nilai post test kelas kontrol yaitu 84,28 > 75,00 dan hasil Uji Manova post test hasil belajar diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H o ditolak dan H i diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode Gasing terhadap peningkatan hasil belajar siswa MIN 5 Tulungagung, (3) Hasil pengaruh metode Gasing terhadap minat dan peningkatan hasil belajar yaitu angket minat belajar dan post test dengan Uji Manova diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H o diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan metode Gasing terhadap minat dan peningkatan hasil belajar siswa MI Negeri 5 Tulungagung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika metode Gasing digunakan dalam proses pembelajara, maka minat belajar siswa akan meningkat yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar siswa di MI Negeri 5 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193031 NURDIANA AGUSTIN
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:29
Last Modified: 19 Mar 2024 01:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44277

Actions (login required)

View Item View Item