MANAJEMEN WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG KESISWAAN DALAM PEMBINAAN BAKAT DAN MINAT SISWA DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

IQLIMA HUMAIRA, 12207193059 (2024) MANAJEMEN WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG KESISWAAN DALAM PEMBINAAN BAKAT DAN MINAT SISWA DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Dalam Pembinaan Bakat dan Minat Siswa di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Iqlima Humaira, NIM 12207193059. Pembimbing: Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Pembinaan Bakat dan Minat Siswa Manajemen wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam membina bakat dan minat siswa sangat diperlukan, bakat dan minat seorang anak perlu dibina ketika ia berada di dalam madrasah dan harus dikelola dengan baik oleh wakil kepala madrasah khususnya bidang kesiswaan. Pembinaan bakat dan minat siswa yang dilaksanakan oleh wakil kepala madrasah bidang kesiswaan ditujukan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki para siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam pembinaan bakat dan minat siswa di MTsN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana bidang pembinaan yang dibina oleh wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam pembinaan bakat dan minat siswa di MTsN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana kendala dan solusi wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam pembinaan bakat dan minat siswa di MTsN 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini deskriptif disertai studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data collection (pengumpulan data), data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan) Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan (1) Strategi wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dalam pembinaan bakat dan minat siswa di MTsN 2 Tulungagung dengan membuat perencanaan dengan melibatkan guru bimbingan konseling serta masing-masing pembina bakat dan minat siswa. Dalam pelaksanaannya menyesuaikan jadwal kegiatan pembinaan bakat dan minat siswa. Wakil kepala madrasah bidang kesiswaan beserta masing-masing pembina melakukan koordinasi dengan baik agar pembinaan bakat dan minat siswa di MTsN 2 Tulungagung dapat berjalan dengan efektif. (2) Terdapat beberapa bidang pembinaan bakat dan minat siswa yang dibina oleh wakil kepala madrasah bidang kesiswaan di MTsN 2 Tulungagung, diantaranya yaitu drum band, pramuka, paskibra, olahraga voli, olahraga sepak bola, kesenian tari, jurnalistik, sholawat, tahfidz, serta KSM (Kompetisi Sains Madrasah). (3) Dalam melaksanakan suatu kegiatan pastinya terdapat suatu kendala, dalam pembinaan bakat dan minat siswa di MTsN 2 Tulungagung wakil kepala madrasah bidang kesiswaan menghadapi beberapa kendala, kendalanya adalah adalah terkait dengan waktu, waktu pembinaan atau latihan dirasa kurang maksimal bagi siswa siswi, waktu latihan dilaksanakan pada saat setelah pulang sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Minat Belajar
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193059 IQLIMA HUMAIRA
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:41
Last Modified: 19 Mar 2024 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44291

Actions (login required)

View Item View Item