Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Metode Portofolio terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII MTs.Al-Ma’arif Tulungagung semester genap tahun ajaran 2012/2013

Fitriana, Ria (2014) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Metode Portofolio terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII MTs.Al-Ma’arif Tulungagung semester genap tahun ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (32kB)
[img] Text
daftar RUJUKAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
cover 2.rtf

Download (1MB)
[img] Text
Cover 1.rtf

Download (2MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Metode Portofolio, Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar Segiempat Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa selama ini guru cenderung memakai metode ceramah dalam penyampaian materi, sehingga siswa merasa jenuh dengan suasana tersebut yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Dan juga metode penilaian guru yang hanya sebatas memberi benar dan salahnya saja tanpa ditindaklanjuti oleh guru.Oleh karena itu perlu adanya suasana pembelajaran dan metode penilaian yang baru agar siswa dapat termotivasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu metode pembelajaran yang diyakini bisa mendorong motivasi siswa untuk belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode Portofolio. Pembelajaran ini diyakini dapat meningkatkan belajar siswa karena di dalamnya terdapat diskusi kelompok yang melibatkan siswa saling belajar bersama dalam diskusi yang membuat siswa menjadi semangat untuk belajar. Begitu juga dengan penilaian portofolio akan sangat membantu siswa dalam mengevaluasi sendiri hasil belajar mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs.Al-Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2012/2013? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs.Al-Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs.Al-Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2012/2013. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs.Al-Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini digunakan metode interview, observasi, dokumentasi dan metode tes. Metode interview digunakan untuk mengetahui sejarah berdirinya sekolah, darimana saja peserta didiknya berasal dan mengetahui visi dan misi sekolah.metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa kelas eksperimen dan kelas control, metode observasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana kefahaman siswa terhadap materi matematika.dan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode portofolio. Penelitian dilaksanakan di MTs.Al-Ma’arif Tulungagung dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen. Pola penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menghitung hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini penulis mengambil nilai ulangan harian semester 1 untuk mengetahui homogenitas dari kedua kelas. Selanjutnya peneliti memberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan tidak diberikan perlakuan pada kelas kontrol. Post test yang sudah teruji validitasnya, diberikan pada akhir penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Portofolio terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menggunakan rumus uji t-test. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Metode Portofolio terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII MTs.Al-Ma’arif Tulungagung semester genap tahun ajaran 2012/2013. Hasil hitung menggunakan uji t-test diperoleh thitung = 3,5 dengan db = 78 pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,000. Oleh karena thitung > ttabel maka penelitian yang dilakukan mempunyai pengaruh artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Portofolio lebih baik dibandingkan pembelajaran matematika dengan metode konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 04:12
Last Modified: 09 Dec 2014 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item