PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII BLITAR

MUHAMMAD KHAFIDHUL ULLUM, 12209193113 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe question student have (QSH) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII MTs Ma’arif Bakung Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Khafidhul Ullum, NIM.12209193113, dosen pembimbing Bagus Setiawan, M. Pd. Kata kunci: Question student have (QSH), Hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih cenderung rendah, hal tersebut karena beberapa faktor, salah satunya yaitu pemilihan model pembelajaran dikelas cenderung terpusat kepada guru, membuat siswa cenderung kurang begitu memahami materi dalam pembelajaran dan merasa cepat bosan dikelas, guru kurang adanya inovasi yang kreatif untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Dengan begitu, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dapat menerapkan model pembelajaran question student have (QSH). Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi yaitu (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe question student have (QSH) terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS pada materi masyarakat Indonesia pada masa Islam? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe question student have (QSH) terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS pada materi masyarakat Indonesia pada masa Islam?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan eksperimen semu. Untuk variable bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe question student have (QSH), Untuk populasi pada penelitian ini seluruh kelas VII. Sampel penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan metode post-test Uji T-test, serta perhitungan dengan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe question student have (QSH). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan sebagai berikut (1) Ada pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe question student have (QSH) terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 87,51 dengan perhitungan Uji t-test dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows diperoleh t hitung xvii = 5,921 dan t tabel =0,039 t hitung > t tabel atau 5,921 > 0,039 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dengan taraf signifikasi 5% yang berarti ada pengaruh (2) Besarnya pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe question student have (QSH) terhadap hasil belajar siswa dengan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s sebesar 1,431 dimana 0,8 ≤ 1,431 ≤ 2,0 dengan nilai interpretasi sebesar 91,9% berada pada golongan tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193113 MUHAMMAD KHAFIDHUL ULLUM
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:30
Last Modified: 19 Mar 2024 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44311

Actions (login required)

View Item View Item