STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

RIKA OKTAVIA, 2811123197 (2016) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Rika Oktavia, 2016, NIM: 2811123197 dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam” skripsi jurusan pendidikan agama islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Instititiut Agama Islam Negeri(IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag. , M.Pd. Kata-kata kunci: strategi guru, motivasi belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh guru adalah sosok yang menjadi panutan siswa dan guru memiliki tugas untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran harus dimiliki seorang guru karena dengan adanya strategi yang benar akan membuat pembelajaran semakin diminati peserta didik, tanpa adanya strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah diterapkan tidak dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Diharapkan dengan strategi yang tepat dapat memotivasi belajar siswa dengan baik. Yang menjadi fokus dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMAN 1 Karangan ? 2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMAN 1 Karangan ? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMAN 1 Karangan? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumberdatanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari analisis sebelum di lapangan, analisis ketika di lapangan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Setelah peneliti melakukan penelitian dapat disimpulkan bahwasannya strategi pembelajaran perlu adanya, 1) Perencanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI adalah guru menyusun perangkat pembelajaran sebaik mungkin, mempelajari RPP sebelum mengajar di kelas, mempersiapkan fisiologis dan psikologis guru dan mengikuti pelatihan keguruan. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa guru menggunakan strategi individu dan kelomppok, bepenampilan rapi, menyampaikan materi dengan suara jelas, memberikan phunisment dan reward, kreatif dalam mengubah stategi sesuai dengan sikon dan pengunaan media dan sumber belajar. 3) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMAN 1 Karangan. Diantara faktor pendukung terlaksananya strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI diantaranya: 1) kondisi siswa yang stabil. 2). kondisi guru yang kompeten. 3) lingkungan belajar yang mendukung. Sedangkan faktor yang menghambat: 1) kondisi siswa yang labil. 2) kondisi guru itu sendiri, mungkin sakit, prencanaan pembelajar yang belum matang. 3) lingkungan kelas yang tidak mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 2811123197 RIKA OKTAVIA
Date Deposited: 04 Jan 2017 03:49
Last Modified: 04 Jan 2017 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item