FIRSTY RAHELDA TANANDA, 126201201037 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (793kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP Muallimin Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Firsty Rahelda Tananda, NIM. 126201201037, pembimbing Prof. Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci: Guru PAI, Minat Belajar, Siswa Guru berperan besar dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi siswa selama pelaksanaan pembelajaran. Guru PAI di SMP Muallimin Wonodadi Blitar telah menunjukkan peran dan dedikasinya dalam upaya peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari tingkat minat belajar siswa yang tinggi pada mata pelajaran PAI. Guru telah menerapkan cara-cara belajar yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan siswa. Upaya yang dilakukan guru ini dapat menunjang tumbuhnya minat belajar pada diri siswa dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih optimal. Tujuan adanya penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pengajar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Muallimin Wonodadi Blitar (2) Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pembimbing dan motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Muallimin Wonodadi Blitar (3) Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam tak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas yaitu perpanjangan kehadiran, diskusi sejawat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Peran guru PAI sebagai pengajar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII dilakukan dengan selalu mempersiapkan materi sebelum mengajar dan menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa. (2) Peran guru PAI sebagai pembimbing dan motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII dilakukan dengan memberi nasihat, mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa, memberi reward and punishment, dan mengadakan kompetisi. (3) Peran guru PAI sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII dilakukan dengan menyediakan sumber belajar yang menarik bagi siswa, menyiapkan kelas secara fisik, dan memanfaatkan perpustakaan sebagai prasarana belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201037 FIRSTY RAHELDA TANANDA |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 06:16 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 06:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44338 |
Actions (login required)
View Item |