STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ARVIAN DWI NUGRAHA, 12201193240 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung" ini di tulus oleh Arvian Dwi Nugraha NIM: 12201193240 pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Minat Belajar Penulisan Skripsi ini dilatar belakangi bahwa salah satu pendorong keberhasilan belajar adalah minat belajar yang tinggi, tentunya minat belajar agama islam harus ditanamkan pada setiap siswa sejak dini. Untuk meningkatkan minat belajar siswa, maka strategi pembelajaran guru PAI sangat penting untuk membantu keberhasilan siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus dalam penelitian adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung (2) Bagaimana strategi pembelajaran kelompok dalam meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung (3) Bagaimana strategi pembelajaran individual dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMPN 3 Kalidawir Tulungagung, dengan menerapkan beberapa strategi pembelajaran yang meliputi strategi pembelajaran ekspositori, kelompok, dan individual. serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yakni kondensasi, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa kelas VII SMPN 3 Kalidawir. Hasil penelitian Pertama, Strategi pembelajaran ekpositori dalam meningkatkan minat belajar siswa dapat berjalan dengan baik dalam penerapan strategi pembelajaran ekpositori guru bisa mengusai dan menyampaikan materi pembelajaran secara optimal melalui metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab, sehingga jika dilihat dari segi kognitif siswa adanya peningkatan minat belajar siswa dilihat dari segi penilaian yang meningkat setelah menerapkan strategi pembelajaran ekpositori serta dilihat dari segi kognitif minat belajar siswa semakin meningkat hal tersebut dibuktikan dengan fokus siswa terhadap pembelajaran semakin meningkat dikarenakan guru dalam setiap pembelajaran selalu menyampaikan materi secara optimal serta selalu memberikan motivasi kepada siswa. Kedua Strategi pembelajaran kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa guru bisa mengkondisikan kelas dengan sebaik mungkin sehingga suasana belajar didalam kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran kelompok dapat berjalan dengan kondusif. Dari segi kognitif siswa setelah guru Pendidikan Agama Islam menerapkan strategi pembelajaran kelompok minat belajar siswa semakin meningkat dilihat dari ketika siswa belajar bersama dengan teman nya menggunakan media pembelajaran baik buku paket, LKS, maupun media yang lain pemahaman siswa semakin tinggi terhadap pembelajaran PAI. Dari segi afektif nya siswa semakin percaya diri untuk menunjukkan hasil belajarnya didepan kelas. Rasa percaya diri siswa akan mempengaruhi minatnya dalam belajar karena ketika mereka percaya diri, siswa akan lebih terlibat dalam pelajaran. Ketiga Strategi pembelajaran individual dalam menigkatkan minat belajar siswa. Guru berperan penting dalam memotivasi siswa untuk terus belajar walaupun pembelajaran yang dilakukan secara mandiri sehingga minat belajar siswa akan semakin meningkat ketika mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dilihat dari segi kognitif siswa yang memiliki kemampuan tinggi akan lebih aktif dalam pembelajaran mereka akan lebih sering bertanya kepada guru sehingga ada peningkatan minat belajar siswa tersebut. sedangkan siswa yang kurang dari segi kemampuan nya akan semakin pasif. Dari segi afektif siswa tidak hanya bergantung dengan guru dan temanya, dilatih untuk bersikap mandiri dalam mengambil sebuah keputusan kemudian dituntut untuk memahami materi secara mandiri. Sehingga timbulnya rasa percaya diri. Timbulnya rasa percaya diri merupakan salah satu faktor yang mepngaruhi minat belajar siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193240 ARVIAN DWI NUGRAHA
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:30
Last Modified: 20 Mar 2024 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44347

Actions (login required)

View Item View Item