PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI CAHAYA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII MTSN 4 BLITAR

ROISATUL HASANAH, 12211193025 (2024) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI CAHAYA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Ensiklopedia Interaktif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Cahaya Sebagai Penunjang Pembelajaran Siswa Kelas VIII MTsN 4 Blitar“ ditulis oleh Roisatul Hasanah, NIM. 12211193025, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Ensiklopedia Interaktif, Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL), Cahaya Media pembelajaran pada saat ini bukan hanya berupa tulisan dan kata-kata namun juga dapat berupa gambar dan sebagainya yang digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga mendorong terlaksananya proses belajar. Penggunaan media pembelajaran pada MTsN 4 Blitar masih sebatas menggunakan buku paket serta buku lembar kerja siswa (LKS) sehingga peneliti menemukan inovasi baru untuk membuat sebuah ensiklopedia untuk digunakan sebagai media penunjang dalam pembelajaran. Penelitian ini menjadi salah satu upaya inovasi media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada di MTsN 4 Blitar seperti siswa yang beranggapan IPA itu sulit, rumit dan monoton, media pembelajaran yang belum berwarna, bergambar dan belum berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat kelayakan, 2) keterbacaan serta 3) keefektivan ensiklopedia berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi cahaya sebagai penunjang pembelajaran siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluatetion (evaluasi). Uji yang akan digunakan dalam penelitian ini meliputi 1) Uji kelayakan menggunakan instrumen angket oleh ahli media serta ahli materi dengan skala likert sebagai pengukurannya. 2) Uji keterbacaan menggunakan instrument angket oleh ahli empiris dengan skala likert sebagai pengukurannya. Kedua uji ini dilaksanakan pada tahapan pengembangan. Sedangkan 3) Uji efektivitas menggunakan instrument soal oleh kelas kontrol dan eksperimen dengan pengukuran SPSS dilakukan pada tahapan evaluasi. Implementasi pada penelitian ini menggunakan media pembelajaran buku paket serta LKS dengan tambahan berupa ensiklopedia interaktif untuk kelas eksperimen serta kelas kontrol dengan media pembelajaran berupa buku paket serta LKS tanpa tambahan media pembelajaran Hasil analisis terhadap penelitian menunjukkan 1) Uji kelayakan menunjukkan kriteria “sangat layak” dengan presentase ahli media sebesar 92,5 %, dari ahli media sebesar 100%. 2) Uji keterbacaan menunjukkan “sangat terbaca” dengan presentase ahli empiris sebesar 89,6%. 3) Uji efektivitas mennunjukkan produk “tidak efektif” dengan taraf signifikansi independen sampel t-tes 0,05, dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,082 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193025 ROISATUL HASANAH
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:59
Last Modified: 21 Mar 2024 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44383

Actions (login required)

View Item View Item