HESTI DWIYANTI PERTIWI, 12204193207 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERIK SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di dasarkan pada salah satu permasalahan yang timbul dalam matematika, dimana siswa masih kesulitan dalam melakukan operasi hitung. Hal ini menjadi sebuah tantangan baru bagi pendidik, karena terdapat salah satu kompetensi yang perlu dikembangkan siswa dalam belajar matematika yaitu kemampuan numerik. Selain itu, pendidik juga perlu memperhatikan gaya belajar yang sesuai untuk siswa, karena masing-masing siswa memiliki gaya belajar yang tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerik siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi aritmetika sosial kelas VII MTs Darussalam Ariyojeding. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, dan wawancara. Pengisian angket diikuti oleh 15 siswa dari 16 siswa. Hasil dari angket kemudian digunakan untuk mengelompokkan siswa sesui dengan gaya belajarnya. Selanjutnya, diadakan tes tulis yang terdiri dari 4 butir soal yang memuat indikator kemampuan numerik. Kemudian dipilih 6 siswa berdasarkan gaya belajarnya, 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik dimana selanjutnya akan dilaksanakan wawancara. Tahap selanjutnya merupakan analisis data dengan tahap mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu mencapai 3 indikator dari 4 indikator kemampuan numerik. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu mencapai 3 indikator dari 4 indikator kemampuan numerik, sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu mencapai 2 indikator dari 4 indikator kemampuan numerik. Berdasarkan adanya penelitian ini, peneliti menyarankan kepada peneliti lain agar meneliti kemampuan numerik siswa dengan memperhatikan aspek-aspek lain yang lebih spesifik lagi agar mendapatkan hasil yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aritmatika Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193207 HESTI DWIYANTI PERTIWI |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:58 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44397 |
Actions (login required)
View Item |