MANAJEMEN PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di BAZNAS Kabupaten Trenggalek)

VICTOR DICKY ANDREAN, 12404193055 (2023) MANAJEMEN PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di BAZNAS Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Penyaluran Dana Zakat, Infak, dan Sedekah Dalam Meningkatkan Kesejahterakan Masyarakat (Studi di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Trenggalek)”. Ditulis oleh Victor Dicky Andrean, NIM. 12404193055, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Universitas Islam Negeri Sayyid Alli Rahmatullah Tulungagung, dan dibimbing oleh Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah di BAZNAS Kabupaten Trenggalek yang banyak membawa manfaat bagi mustahik. Penyaluran ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahterakan masyarakat di Kabupaten Trenggalek. Adapun fokus permasalah dalam penulisan ini yaitu: 1). Bagaimana proses penyaluran dana zakat, infak, dan sedakah di BAZNAS Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat? 2). Apa faktor penghambat dan faktor pendukung penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah di BAZNAS Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mediskripsikan proses penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah di BAZNAS Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta untuk mendiskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah di BAZNAS Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan serta dokumentasi sebagai pengumpul data. Penelitian ini dilakukan di BAZNAS Kabupaten Trenggalek. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer berupa hasil wawancara, dan data sekunder berupa catatan atau dokumen dari lembaga. Sedangkan teknik analisis data menggunakan jenis penelitian deskripsi analisis, berupa mendeskripsikan kembali data yang terkumpul. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1). Proses penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah di BAZNAS Kabupaten Trenggalek berawal dari perencanaan, kedua pengordinasian, ketiga pengumpulan, keempat pendistribusian, dan kelima pendayagunaan. 2). Faktor penghambat meliputi internal sumber daya manusia yang masih kurang dan eksternal lokasi yang sulit dijangkau dan cuaca tidak menentu, sedangkan faktor pendukung dari segi pendanaan dan pihak-pihak dalam pelaksanaan. Kata Kunci: Manajemen, Penyaluran, Zakat, Infak, dan Sedekah, Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Infaq
Agama > Shodaqoh
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404193055 VICTOR DICKY ANDREAN
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:28
Last Modified: 21 Mar 2024 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44401

Actions (login required)

View Item View Item