PEMBERDAYAAN PASANGAN SUAMI ISTRI PENYANDANG DISABILITAS DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA MASLAHAH (Studi Kasus di Kawasan Inklusif Yayasan Penyandang Disabilitas Naeema Trenggalek)

RACHEL AGIS SUHUFIL ULA, 126102201012 (2024) PEMBERDAYAAN PASANGAN SUAMI ISTRI PENYANDANG DISABILITAS DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA MASLAHAH (Studi Kasus di Kawasan Inklusif Yayasan Penyandang Disabilitas Naeema Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

Rachel Agis Suhufil Ula, 126102201012, Pemberdayaan Pasangan Suami Istri Penyandang Disabilitas dalam Pembentukan Keluarga Maslahah (Studi Kasus di Kawasan Inklusif Yayasan Penyandang Disabilitas Naeema Trenggalek), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Pembimbing: Muhamad Arifin, M.H.I. Kata Kunci: Pemberdayaan, Pasangan Suami Istri, Penyandang Disabilitas, Keluarga Maslahah Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan aktual penyandang disabilitas berupa keterbatasan pekerjaan, diskriminasi dan stigma negatif. Padahal mereka membutuhkan pemberdayaan dan pemenuhan hak. Adapun pemberdayaan pasangan suami istri penyandang disabilitas telah dilakukan di Kawasan Inklusif Yayasan Penyandang Disabilitas Naeema Trenggalek yang meliputi pemberdayaan di bidang agama, sosial, pendidikan dan ekonomi agar pasangan suami istri penyandang disabilitas dapat terpenuhi haknya, mandiri, berdaya dan semakin mantap dalam membina keluarga serta mewujudkan keluarga maslahah. Fokus dan tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan pasangan suami istri penyandang disabilitas di Kawasan Inklusif Yayasan Penyandang Disablitas Naeema Trenggalek. 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat Kawasan Inklusif Yayasan Penyandang Disabilitas Naeema Trenggalek dalam melaksanakan pemberdayaan pasangan suami istri penyandang disabilitas. 3) Mendeskripsikan efektivitas program pemberdayaan pasangan suami istri penyandang disabilitas di Kawasan Inklusif Yayasan Penyandang Disabilitas Naeema Trenggalek dalam pembentukan keluarga maslahah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan.Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Pelaksanaan pemberdayaan pasangan suami istri penyandang disabilitas di Kawasan Inklusif Yayasan Penyandang Disabilitas Naeema Trenggalek telah berjalan lancar dengan dilengkapi fasilitas penunjang yang aksesibel. 2) Faktor pendukung pemberdayaan tersebut sangat besar yaitu pemerintah memberi kesempatan penyandang disabilitas, masyarakat menjunjung kesetaraan, serta fasilitas aksesibel bagi penyandang disabilitas. Adapun faktor penghambatnya berupa kurangnya pendampingan setelah melakukan pelatihan, kurangnya dana pemberdayaan, serta kemampuan setiap penyandang disabilitas yang berbeda. Faktor penghambat tersebut telah diberikan tindak lanjut sehingga tingkat faktor penghambat yang tadinya cukup besar berangsur menurun. 3) Pemberdayaan pasangan suami istri penyandang disabilitas efektif dalam membentuk keluarga maslahah dengan adanya peningkatan kemampuan dan kondisi penyandang disabilitas di bidang ekonomi, pendidikan, agama dan sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102201012 RACHEL AGIS SUHUFIL ULA
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:43
Last Modified: 25 Mar 2024 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44407

Actions (login required)

View Item View Item