STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR

DYAH SEPTI RAHMAWATI, 12205183130 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir” yang ditulis oleh Dyah Septi Rahmawati, NIM. 12205183130, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Ibu Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, MA. Penelitian ini dilaksanakan dalam konteks dimana peserta didik di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir mengalami banyak kesulitan belajar matematika. Kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik disebabkan oleh berbagai macam faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Hal ini dibuktikan dengan nilai matematika peserta didik yang rendah, kurangnya minat peserta didik unuk belajar matematika, dan selalu bergurau dengan temannya ketika pelajaran matematika. Oleh karena itulah maka skripsi ini mengeksplorasi bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika, faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika, dan usaha yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana bentukbentuk kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik pada mata pelajaran matematika? 2) Bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika? 3) Bagaimana usaha guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian ini berlokasikan di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Informan dari penelitian ini yaitu, kepala madrasah, guru kelas IVA dan guru kelas IVB, serta peserta didik kelas IVA dan kelas IVB. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan keikutsertaan dan ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan yaitu: 1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika adalah penguasaan matematika dini pada peserta didik, penguasaan motorik dan visual peseerta didik, kesulitan dalam bahasa dan membaca, konsep arah dan waktu, serta karakteristik kesulitan belajar matematika yang lain. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika berasal dari faktor internal, yaitu faktor fisiologis, psikologis, dan intelektual serta berasal dari faktor eksternal yaitu faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. 3) Usaha guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yaitu selalu memastikan kesiapan peserta didik sebelumbelajar matematika, memakai media pembelajaran yang mempermudah pemahaman peserta didik, memberikan permasalahan atau pertanyaan yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, memberikan permasalahan yang disesuaikan dengan tingkat kemapuan peserta didik, memberikan kebebasan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan dengan caranya sendiri sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan memberikan motivasi kepada peserta didik supaya peserta didik tidak merasa takut dengan mata pelajaran matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183130 DYAH SEPTI RAHMAWATI
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:52
Last Modified: 25 Mar 2024 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44409

Actions (login required)

View Item View Item