STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI 6 BLITAR

AGUNG SETYO PAMBUDI, 12201183364 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Agung Setyo Pambudi, 12201183364, Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Akidah Akhlak, Kenakalan Siswa. Konteks penelitian didasari dengan fenomena semakin berkembangnya zaman, banyak sekali anak yang justru mengalami kemerosotan moral. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kenakalan-kenakalan yang dilakukan baik di rumah, di lingkungan tempat tinggal maupun di sekolah. Maka diperlukan strategi khusus dari guru sebagai pondasi untuk menanggulangi kenakalan siswa yang terjadi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Bentuk Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar, (2) Bagaimana Faktorfaktor penyebab kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar, (3) Bagaimana Strategi yang Dilakukan Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa kategori kenakalan ringan dan kenakalan seksual di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kenakalan siswa serta sebab-sebab kenakalan siswa dan juga strategi yang digunakan guru dalam menanggulangi kenakalan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus. Peneliti hadir di MTs Al Huda Bandung Tulungagung dan mengumpulkan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dari Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk-bentuk kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar masih tergolong kenakalan ringan seperti menjahili teman, tidak mengikuti pelajaran, membolos, berada di luar kelas pada saat jam pelajaran, tidak mengerjakan tugas, mencontek, berkata kasar, berkelahi, kurang sopan dengan bapak dan ibu guru, merokok, transaksi rokok elektrik, dan tidak memakai seragam lengkap. 2) Sebab-sebab kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi rasa malas, masih tingginya ego, masih labilnya emosi, belum memiliki pegangan ilmu agama, kurangnya kesadaran diri dan adanya sifat kekanak-kanakan dalam diri siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga yang berupa kurangnya kasih sayang dari orang tua, keluarga yang 3 kurang harmonis dan siswa yang keluarganya brokenhome. Kemudian faktor lingkungan tempat tinggal, faktor pergaulan dan juga faktor sekolah. 3) Strategi Guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa meliputi selalu memberikan nasehat kepada siswa, memberi contoh dan teladan dalam bersikap dan perperilaku, mengadakan kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter religius siswa, meberikan hukuman yang bersifat mendidik kepda siswa yang melakukan kenakalan, serta bekerja sama dengan seluruh anggota sekolah dan orang tua serta guru Bimbingan konseling dengan tujuan untuk membantu mangawasi dan melakukan kontrol kepada siswa yang melakukan kenakalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183364 AGUNG SETYO PAMBUDI
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:15
Last Modified: 22 Mar 2024 06:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44434

Actions (login required)

View Item View Item