PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHETSIMULATIONS PADA MATERI BENTUK MOLEKUL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA TERPADU DARUR ROJA’BLITAR

DEVITA ARDANELA FITRIANI, 12212193097 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHETSIMULATIONS PADA MATERI BENTUK MOLEKUL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA TERPADU DARUR ROJA’BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan PhET Simulations pada Materi Bentuk Molekul terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Terpadu Darur Roja’ Blitar” ditulis oleh Devita Ardanela Fitriani, NIM 12212193097, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, PhET Simulations, Minat Belajar, Hasil Belajar Bentuk molekul merupakan materi kimia dengan tingkat abstraksi tinggi berupa visualisasi bentuk 3 dimensi. Namun, metode yang diterapkan dalam pembelajaran bentuk molekul hanya terbatas pada metode ceramah dengan bahan ajar berupa buku dengan tampilan 2 dimensi. Di sisi lain, kemajuan teknologi, khususnya multimedia dapat dimanfaatkan guru dalam menyampaikan materi bentuk molekul dengan menggunakan media PhET Simulations. Hal ini diharapkan dapat mendorong kreativitas dan imajinasi peserta didik sehingga diharapkan mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini antara lain (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran PhET Simulations pada materi bentuk molekul terhadap minat belajar peserta didik; (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran PhET Simulations pada materi bentuk molekul terhadap hasil belajar peserta didik; dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran PhET Simulations pada materi bentuk molekul terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Terpadu Darur Roja’ Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Terpadu Darur Roja’ Blitar. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X- 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat belajar dan tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal valid. Hasil uji reliabilitas untuk angket minat belajar sebesar 0,8904 termasuk dalam kriteria sangat baik dan untuk hasil belajar sebesar 0,830 termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t independen dan uji manova dengan bantuan SPSS 24 for windows. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan antara lain: (1) hasil uji-t minat belajar nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations pada materi bentuk molekul terhadap minat belajar peserta didik. (2) hasil uji-t hasil belajar nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,022 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PhET Simulations pada materi bentuk molekul terhadap hasil belajar peserta didik. Dan (3) hasil uji manova terlihat bahwa 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations pada materi bentuk molekul terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Terpadu Darur Roja’ Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193097 DEVITA ARDANELA FITRIANI
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:59
Last Modified: 25 Mar 2024 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44438

Actions (login required)

View Item View Item