PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS V DI SEKOLAH THAMVITYA MULNITI THAILAND

FIRAMAN JEHNI, 12201183504 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS V DI SEKOLAH THAMVITYA MULNITI THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas V di Sekolah Thamvitya Mulniti, Yala (Thailand) Ini Ditulis Oleh Firaman Jehni, NIM 12201183504, Pembimbing Hawwin Muzakki, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa siswa yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan agama yang kuat ia akan memiliki kemampuan baca Al-Qur'an yang rendah. Demikian pula yang terjadi ketika pola asuh orang tua yang tidak memberi pondasi agama sejak anak usia dini serta faktor lingkungan yang tidak mendukung juga membawa peluang yang besar akan menambah angka rendahya kualitas baca tulis Al-Qur'an pada generasi muda Padahal Al-Qur'an diakui sebagai kitab sucinya dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini, anak-anak lebih disibukkan dengan sekolah serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur'an bagi umat Islam, Maka dari itu, guruguru Sekolah Thamvitya Mulniti, Yala (Thailand). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an sebagai bekal untuk kelangsungan hidup dan mempertahankan nilai-nilai Agama Islam dimasa mendatang. Fokus penelitian ini adalah 1.Bagaimana peran guru PAI Sebagai Planner dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa Kelas V di sekolah Thamvitya Mulniti, Yala (Thailand). 2.Bagaimana peran guru Sebagai Fasilitator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa Kelas V di sekolah Thamvitya Mulniti, Yala (Thailand). 3.Bagaimana peran guru PAI Sebagai Role Model dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa Kelas V di sekolah Thamvitya Mulniti, Yala (Thailand). 4.Bagaimana peran guru PAI Sebagai Asesor dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa Kelas V di sekolah Thamvitya Mulniti, Yala (Thailand). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berusaha mendiskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada dengan lokasi di Sekolah Thamvitya Mulniti, Yala (Thailand) Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observat, wawancara mendalam dan dokumentasi Analisis datanya menggunakan metode induktif yang digunakan untuk mengelola data kualitatif, dengan prosedur analisis data kedalam 4 langkah meliputi tahap reduksi data, sajian data (display data), menarik kesimpulan dan verifikasi. Setelah melaksanakan penelitian di Sekolah Thamvitya Mulniti YalaThailand. Terkait Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1.Peran Guru PAI sebagai Planner dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas V disekolah Thamvitya Mulniti dengan cara: Merencanakan Pengajaran dan Pembelajaran Perencanaan Stategi Pengajaran Aktivitas Pembelajaran dan Merencanakan Penilaian Kemampuan Membaca Al Qur‟an. 2.Peran Guru PAI sebagai Fasilitator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas V disekolah Thamvitya Mulniti dengan cara: Memahami Fungsi guru sebagai Fasilitator Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Memilih Bahan Pembelajaran dan Mendorong Partisipasi Aktif Menfasilitasi Diskusi dan Interaksi dan Pendekatan Individualisasi. 3.Peran Guru PAI sebagai Role Model dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas V disekolah Thamvitya Mulniti dengan cara: Menteladan dan Perilaku Menunjukkan Kepedulian dan Dedikasi Mempraktikkan Membaca Al-Qur‟an dan Memahami Etika dan Adab Membaca Al-Qur‟an. 4.Peran Guru PAI sebagai Asesor dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas V disekolah Thamvitya Mulniti dengan cara: Memahami Fungsi Asesor dan Preses Penilaian dan Kriteria Penilaian dan Umpan Balik kepada Siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183504 FIRAMAN JEHNI
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:44
Last Modified: 25 Mar 2024 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44449

Actions (login required)

View Item View Item