PENGARUH MEDIA PODCAST TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA TEKS IMAJINASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SUMBERGEMPOL

SOLAHUTDIN BARAHENG, 12210183151 (2024) PENGARUH MEDIA PODCAST TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA TEKS IMAJINASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Podcast pada Keterampilan Bercerita Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Solahutdin Baraheng, NIM:12210183151, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Drs. Siti Zumrotul Maulida. M.Pd.I. Kata Kunci: Keterampilan Bercerita, Media Podcast Keterampilan berbahasa merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap orang yang belajar bahasa. Siswa merupakan orang yang belajar bahasa. Maka setiap siswa harus memiliki empat keterampilan berbahasa, salah satunya adalah keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara berbagai macam jenis salah satunya adalah keterampilan bercerita. Pada saat ini banyak siswa yang belum mampu dalam bercerita karena berbagai hal, untuk menambah kemampuan siswa harus ada hal-hal mendorong atau memotivasi siswa untuk bisa keterampilan berbicara salah satunya dalam pembelajaran dengan menggunakan media podcast. Jenis Penelitian ini menggunakan pre-experimental designs dengan tipe one-goup pre-test-post-test design yaitu sebuah eksprimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas tanpa melibatkan kelas yang lain (kelas pembanding) yang bertujuan untuk mengetahui dalam penggunaan media podcast dalam bercerita pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Sumbergempol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pre-test sebelum diberikan media podcast, kemudian diberikan perlakuan melalui kegiatan pembelajaran media podcast dan post-test dilakukan setelah diberikan perlakuan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media podcast berpengaruh terhadap keterampilan bercerita. Hal ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media podcast tergolong rendah dengan skor 53 point dan skor tertingginya 88 point. Tetapi setelah menggunakan media podcast keterampilan bercerita tergolong tinggi dengan skor terendah 63 point dan skor tertinggi 88 point. Apa bila dikaitkan dengan kategori hasil belajar setelah diberikan media podcast dengan kategori sangat baik terdapat 38%, baik 44%, cukup 16% dan kurang 2%. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media podcast memiliki pengaruh terhadap keterampilan bercerita siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Sumbergempol setelah diperoleh t hitung = 6.456 dan t tabel= (0,05= 1.69092) maka diperoleh 6.456 > 1.69092. Sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa setelah diberikan media podcast berpengaruh positif karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183151 SOLAHUTDIN BARAHENG
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:25
Last Modified: 25 Mar 2024 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44451

Actions (login required)

View Item View Item